Dwi Aneka pailit, perlu sinergi mengawasi emiten

Dwi Aneka pailit, perlu sinergi mengawasi emiten

Status pailit yang kita dialami PT Dwi Aneka Jaya Kemasindo Tbk (DAJK) menjadi momentum bagi pihak regulator untuk mendorong emiten agar lebih terbuka kepada publik. Hal ini jadi salah satu upaya untuk melindungi investor, terutama investor ritel.

Analis Koneksi Kapital Alfred Nainggolan mengatakan, baik investor dan regulator, yaitu Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bisa memetik pelajaran dari putusan pailit yang diberikan kepada DAJK, dan sebelumnya kepada PT Citra Mahardika Nusantara Corpora Tbk (CPGT).

“Investor jadi harus lebih memperhatikan laporan keuangan dan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh emiten. Sementara regulator harus bisa mendorong emiten untuk melaporkan segala informasi terkait kinerja mereka kepada publik,” paparnya kepada KONTAN, Rabu (22/11).

Walau BEI dan OJK telah mewajibkan para emiten yang berstatus terbuka untuk melaporkan kinerja dan informasi terkait usaha mereka kepada publik, Alfred menilai, baru sekitar 10% sampai 15% dari 500 emiten yang terdaftar di bursa yang sudah aktif melakukan ini. Sementara sisanya harus dipaksa oleh BEI untuk melaporkan kinerja dan juga menyelenggarakan paparan publik sebagai sarana informasi ke investor.

Meski secara rata-rata emiten di bursa menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik, bukan berarti tak ada emiten di BEI yang kesehatan keuangannya mengkhawatirkan. Para analis dari sekuritas yang bertugas memperhatikan kinerja para emiten ini memiliki keterbatasan tenaga dan biaya. Untuk itu, Alfred melihat perlu ada sinergi baik dari regulator, sekuritas, dan media untuk mengawasi perusahaan yang sudah melantai di bursa.

“Sehingga ketiga lembaga ini bisa mengawasi kinerja lebih dari 500 emiten yang sudah terdaftar di bursa agar tak ada lagi investor yang merugi,” ujarnya.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: