Agus Marto Imbau Masyarakat Miliki Minimal 1 Kartu Berlogo GPN

https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 04 320 1825088 agus-marto-imbau-masyarakat-miliki-minimal-1-kartu-berlogo-gpn-8dBUwprIC3.jpg

Bank Indonesia (BI) hari ini secara resmi meluncurkan sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk menyatukan berbagai sistem pembayaran milik berbagai bank berbeda.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo meyakinkan, melalui GPN harga transaksi lebih efisien. Pasalnya dahulu setiap transaksi akan dikenakan Merchant Discount Rate (MDR) yang biasanya ditarik oleh perbankan sebesar 2% hingga 3% turun menjadi hanya 1%.

“Sebelumnya penerbit itu bangun infrastrukturnya sendiri dan ada eksklusifitas. Nanti melalui GPN baik ATM, kartu debit dan uang elektronik transaksinya bisa dilakukan di EDC dan ATM yang sama di Indonesia. Dulu mesti bayar 2% hingga 3% sekarang akan turun jadi 1%,” ungkap Agus di Gedung BI, Jakarta, Senin (4/12/2017).

Dalam peluncuran ini, BI juga menerbitkan logo resmi GPN. Pada tahap awal, logo yang bergambarkan garuda merah ini bakal diterapkan di kartu debit yang dimiliki oleh masyarakat.

 Kartu berlogo GPN akan mulai diterbitkan pada Januari 2018 yang akan dilakukan secara bertahap hingga 2022 seluruh kartu transaksi bank swasta maupun BUMN berlogokan GPN. Nantinya, logo ini dipergunakan di seluruh merchant yang menggunakan mesin EDC, maupun ATM yang sudah terhubung dengan GPN.

Oleh sebab itu, dia menghimbau untuk setiap masyarakat memiliki minimal satu kartu yang berlogo GPN. Sebab hal ini memudahkan masyarakat dari segi transaksi maupun biaya transaksi yang lebih rendah.

“Bagi saudara sekalian yang punya kartu debit minimum ada satu kartu yang ada logo GPN. Mungkin kalau ke luar negeri akan ada kartu dengan logo yang lain tapi kalau di dalam negeri ini akan sangat efisien,” imbau Agus.

Agus Marto menjelaskan, saat ini baru ada empat bank yang tergabung dengan GPN yaitu PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

“GPN sekarang mungkin baru beberapa bank yang bergabung dan kalau keluarkan kartu ada lambang GPN. Tapi nanti seluruh penerbit kartu akan pasang logo GPN. Lambang itu milik bank sentral dan akan diberikan kepada pemilik kartu untuk mensosialisasikan,” ujarnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: