GPN tekan pegawai pajak nakal manipulasi data transaksi WP

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambut baik adanya Nasional Payment Gateway (NPG) atau Gerbang Pembangunan Nasional (GPN), guna meningkatkan infrastruktur sistem pembayaran. Sehingga nantinya seluruh pembayaran transaksi yang dilakukan di Indonesia akan jauh lebih efisien.

“Transaksi-transaksi itu kan berarti ada yang melepas ada yang menerima dan itu terekam karena sudah elektronik. Itu salah satu ujungnya adalah data,” kata Ani, dalam acara peluncuran GPN di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (4/12).

Menurutnya, GPN akan menjadi sebuah database penting untuk kewajiban perpajakan warga Indonesia. Jika data sudah terekam maka akan terlihat transaksi yang harus kena pajak dan yang tidak perlu dikenai pajak.

Dia mengklaim, hal tersebut dapat mengurangi kemungkinan terjadinya para fiskus atau aparat pajak yang membuat dan memanipulasi data-data Wajib Pajak. Dengan demikian, diharapkan akan terwujud suatu keadilan yang makmur dalam hal perpajakan.

“Kan juga bisa saja kemudian fiskus mengatakan, saya menerawang ke langit dan kelihatannya transaksi Anda segini nilainya, itu kan tidak benar.”

“Jadi kalau semuanya transaksinya sudah online dan sudah di dalam payment Gateway ini yang kemudian bisa dijadikan sebagai bahan, maka kita semua melakukan kegiatan ekonomi Indonesia yang basisnya adalah tata kelola yang baik, konsisten dan tentu ada hak dan kewajiban,” lanjutnya.

Meski demikian, Ani menegaskan bahwa GPN bukan menandakan Indonesia menutup diri dari negara asing. Sebab, infrastruktur ini tidak hanya dipakai oleh Indonesia, namun juga di negara-negara lain.

Sumber : merdeka.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: