Menkeu: Standar Asal, Biaya Rapat Pemda Lebih Mahal dari Pusat

20170208-Mandiri Investment Forum-Jakarta

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyinggung alokasi anggaran perjalanan dinas dan rapat pemerintah daerah (pemda) lebih tinggi dibanding pemerintah pusat.

Dia menilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) habis digunakan untuk kepentingan birokrat.

“Perjalanan dinas dan standar rapat. Masa rapat di daerah lebih mahal dibanding di sini, itu tidak masuk akal. Jadi kita ingin diteliti honor team, biaya rapat itu, masa APBD habis hanya untuk birokrat,” kata Sri Mulyani di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Usut punya usut penyebabnya, diakui Sri Mulyani, karena masih banyak daerah yang tidak menggunakan Standar Biaya Masukan (SBM) dan Standar Biaya Keluaran (SBK) dalam penggunaan APBD. Akibatnya, pemda membuat standar biaya rapat yang jauh lebih tinggi dari pemerintah pusat.

“SBM dan SBK masih banyak belum digunakan daerah, jadi pakai standar sesuka mereka sehingga sebagian daerah membuat standar lebih tinggi dari pusat,” jelas mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Sri Mulyani menegaskan, pemda dan pemerintah pusat harus memerangi praktik korupsi secara serius. Dia mengungkapkan, setiap rupiah yang dikorupsi adalah uang rakyat yang hilang untuk memperbaiki kesejahteraan mereka.

“Saya berharap Pak Dirjen dan pejabat di daerah, termasuk eksekutif dan legislatif agar memperbaiki tata kelola penggunaan anggaran. Jangan sampai kita sekadar dapat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), tapi terjadi korupsi,” tukasnya.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: