Penindakan Rokok Ilegal Berdampak Positif bagi Penerimaan Negara

Penindakan Rokok Ilegal Berdampak Positif bagi Penerimaan Negara

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan tengah giat menindak peredaran rokok ilegal. Penindakan yang dilakukan berdampak positif bagi penerimaan negara.

Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai DJBC Marisi Zainudin Sihotang mengatakan persentase rokok ilegal dalam empat tahun terakhir meningkat. Barulah di 2016 ke 2017 jumlahnya mengalami penurunan sejalan dengan upaya DJBC memberantas penyebaran rokok ilegal.

Pada tahun lalu, persentase sebesar 12,4 persen dan tahun ini turun menjadi 10,9 persen. Penyebaran rokok ilegal berada pada kelompok rokok golongan dua ke bawah. Sehingga penghitungannya 10 persen dari total golongan dua, bukan populasi atau jumlah produksi rokok seuruhnya.

Tahun ini, jumlah populasi rokok sebanyak 331 miliar batang. Golongan I persentasennya sebanyak 83 persen dari jumlah tersebut. Sementara sisanya sekitar 20 persen adalah rokok golongan dua.

“Jadi 10,9 persen itu dari sekitar 20 persen rokok golongan dua ke bawah,” kata Marisi di Kudus, Jawa Tengah, Selasa, 19 Desember 2017.

Dirinya menuturkan persentase 10,9 persen tersebut seharusnya memberikan kontribusi bagi penerimaan cukai sebesar Rp2 triliun hingga Rp3 triliun.

Sehingga apabila peredaran rokok ilegal bisa ditekan lebih besar, harapannya akan diisi oleh rokok-rokok di golongan dua yang legal. Maka akan menghasilkan penerimaan negara.

Tahun depan DJBC menargetkan peredaran rokok ilegal bisa ditekan ke angka enam hingga tiga persen.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: