Sri Mulyani Tunggu Audit BPK untuk Bayarkan Kerugian Pertamina

Sri Mulyani Tunggu Audit BPK untuk Bayarkan Kerugian Pertamina

Kenaikan harga minyak dunia yag saat ini telah mencapai level USD60 per barel berpengaruh pada harga jual BBM yang saat ini belum mengalami penyesuaian. Padahal PT Pertamina sudah mengklaim mengalami kerugian yang cukup besar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan menghitung beban yang ditanggung oleh Pertamina dan juga PLN dengan tetap mengacu pada subsidi yang terdapat dalam APBNP 2017.

“Kita akan tetap menghitung sedapat mungkin kita akan tetap membayarkan keseluruhan kewajiban dari subsidi yang memang ada di dalam APBNP 2017,” kata Ani sapaan akrabnya di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2017.

Dirinya mengatakan, pada dasarnya, jika kerugian tersebut disebabkan karena kebijakan, maka dalam menyelesaikan pembayaran piutang tersebut pemerintah mesti menunggu audit dari badan pemeriksa keuangan (BPK).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan BPK akan memberikan rekomendasi berapa porsi yang nantinya ditanggung oleh pemerintah.

“Jadi ada sebagian yang merupakan tanggung jawab pemerintah dan ada sebagian tanggung jawab perusahaan. Jadi tidak semuanya tanggung jawab pemerintah,” tutur Ani.

Lebih jauh dirinya menambahkan, kenaikan harga minyak juga memberikan pengaruh positif bagi penerimaan negara. Setiap kenaikan harga minyak mentah Indonesia (ICP) USD1, maka akan menyumbang sekitar Rp700 miliar ke kas negara.

Hal ini terbukti dari realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) migas dan Pajak Penghasilan (PPh) migas hingga 15 Desember 2017 yang melampaui target. Realisasi PNBP telah mencapai Rp281 triliun atau 108 persen dari target Rp260,2 triliun yang mana untuk PNBP SDA migas menyumbang Rp72,9 triliun atau 100,9 persen dari target Rp72,2 triliun.

Sementara untuk PPh migas capaiannya sudah sebesar Rp49,6 triliun atau 118,8 persen dari target Rp41,8 triliun dalam APBNP 2017.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: