PPh Nonmigas Jadi Tantangan Pemerintah Jokowi-JK Tahun Depan

Presiden Jokowi

Pemerintah sudah menetapkan target penerimaan pajak pada 2018 sebesar Rp 1618,1 triliun. Jumlah tersebut naik sembilan persen dari target penerimaan perpajakan tahun ini yang sebesar Rp 1472,7 triliun.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo, target penerimaan perpajakan tahun depan cukup realistis dan moderat. “Tetap menunjukkan optimisme yang tinggi, tapi ada beberapa tantangan,” ujar Prastowo dikutip JPNN (Jawa Pos Grup), Selasa (26/12).

Dia menegaskan salah satu yang menjadi tantangan pemerintah tahun depan adalah penerimaan dari pajak penghasilan (PPh) nonmigas. Target penerimaan PPh nonmigas meningkat 29,39 persen atau sebesar Rp 816,99 triliun jika dibandingkan dengan proyeksi realisasi penerimaan tahun ini.

“Kami proyeksikan penerimaan PPh nonmigas pada 2017 mencapai Rp 631,4 triliun atau 85,07 persen dari target. Hal ini dipengaruhi oleh belum optimalnya tindak lanjut data amnesti pajak,” katanya.

Sebaliknya, lanjut Prastowo, target penerimaan pajak pertambahan nilai (PPN) lebih realistis daripada target penerimaan PPh nonmigas, yakni sebesar Rp 541,8 triliun. Kenaikannya tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan proyeksi realisasi tahun ini sehingga cenderung bisa tercapai.

Penerimaan bea cukai dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) juga dinilai cukup moderat. Sebagai informasi, tahun depan pemerintah menargetkan penerimaan bea dan cukai sebesar Rp 194,1 triliun dan PNBP Rp 275,4 triliun.

“Dari target cukai ini, terlihat bahwa pemerintah sudah mempertimbangkan kondisi IHT (industri hasil tembakau) yang kontribusinya tertekan sejak 2014 atas penurunan produksi rokok. Sedangkan penerimaan PNBP terlihat menunjukkan peningkatan tahun ini,” jelasnya.

Sumber : jawapos.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: