Sri Mulyani: Januari 2018, Tim IMF-World Bank Akan Pantau Gunung Agung dan Bali

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menkeu Sri Mulyani dan Gubernur BI Agus Martowardojo saat mengunjungi pos pemantauan Gunubg Agung di Rendang, Karangasem, Bali pada Jumat (22/12/2017).

Menteri Keuangan Sri Mulyanimengatakan bahwa Panitia Nasional Annual Meeting International Monetary Fund (IMF) dan World Bank 2018 akan terus melakukan pemantauan kondisi Gunung Agung.

Panitia Nasional akan terus memastikan agar acara Annual MeetingIMF-World bank 2018 pada Oktober 2018 mendatang berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

Seperti diketahui, Gunung Agung pada November 2017 lalu mengalami erupsi dan menyebabkan penutupan Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali, serta Bandara Lombok Praya.

Sehingga, ratusan jadwal penerbangan terganggu, dan terbitlah travel warning dari sejumlah negara untuk tujuan Bali, yang mengganggu pariwisata Bali.

“Hari ini dengan pak Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Gubernur BI Agus Martowardojo, kami sebagai Panitia Nasional yang memiliki tanggung jawab untuk persiapan Annual Meeting IMF-World Bank tahun depan perlu untuk menghadiri sendiri lokasi pemantauan Gunung Agung,” kata Sri Mulyani di Karangasem, Bali, Jumat (22/12/2017).

“Tujuannya untuk memberikan keyakinan, terutama pada khalayak internasional, karena mereka tentu melihat dan menunggu posisi dari pemerintah Indonesia mengenai kesiapan keseluruhan Annual Meeting IMF-World Bank 2018.”

Menurut Sri Mulyani, selain memantau kondisi Gunung Agung dan persiapan acara tahunan IMF-World Bank, pihaknya juga memastikan keseharian dari kegiatan ekonomi terutama parisiwata di Bali.

Menurut dia, setelah pengumuman tanggal 27 November 2017 lalu mengeni penutupan Bandara Ngurah Rai, kegiatan untuk kesiapan acara IMF-World Bank ini dianggap tidak terlihat.

Sri Mulyani dan tim Panitia Nasional khawatir, pikiran masyarakat terdominasi oleh image Gunung Agung.

“Dengan kehadiran kami di sini tentu sekaligus melakukan pengecekan langsung dan melihat secara langsung sehingga kami juga bisa berkomunikasi dengan dunia internasional bahwa Bali adalah aman,” tegasnya.

“Sama seperti aktivitas biasa, kegiatan dari gunung agung hanya mempengaruhi 8-10 km dari zona erupsi Gunung Agung. (kedatangan) Ini juga bagus untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat sehingga pada bulan-bulan ini yang biasanya menjadi peak season dari pariwisata Bali dapat segera dipulihkan.”

Kunjungan Tim IMF-World Bank

Sri Mulyani menjelaskan, dari persiapan Annual Meeting IMF-World Bank, nanti panitia akan melakukan kunjungan langsung ke Bali lagi pada 29 Januari 2018.

Tim Panitia Nasional akan menerima kunjungan Meetings Team Secretariat (MTS) IMF-World Bank untuk melihat bersama-sama kondisi Gunung Agung dan Bali.

Menurut Sri, event hadirnya MTSIMF-World bank akan sangat baik untuk mengembalikan kepercayaan dunia internasional mengenai destinasi pulau Bali sebagai destinasi yang aman untuk kunjungan wisata walaupun Annual Meeting IMF-World Bank baru terjadi pada Oktober 2018.

“Namun menuju ke Oktober 2018 kami ingin meningkatkan dan membuat Bali memiliki kegiatan yang baik dan tentu ini akan berakibat positif bagi ekonomi dan masyarakat di sini,” pungkasnya.

Bali Aman

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo juga menegaskan bahwa kondisi Bali saat ini aman, terhadap dampak letusan Gunung Agung yang saat ini msih berstatus waspada.

“Kami mendengarkan paparan dari Pemda dan pusat yang memantau aktivitas Gunung Agung. Kami percaya bahwa ini semua terkendali dan ditangani dengan baik,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya sebagai Panitia Nasional Annual Meeting IMF-World Bank 2018 sudah menyiapkan aneka persiapan pertemuan tahunan tersebut dengan baik hingga saat ini.

Persiapan tersebut berupa ketersediaan akomodasinya, teknologi informasinya, sistem komunikasi, transportasi, hingga sistem keamanan.

“Semua telah kami siapkan dengan baik. Jadi kami optimis bahwa Oktober 2018 akan terselenggara sesuai dengan jadwal,” pungkasnya.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: