Target Pajak Meleset, Ekonomi Diperkirakan Hanya Tumbuh 5,05%

Pemerintah menargetkan penerimaan pajak sampai dengan akhir tahun mencapai Rp1.283,6 triliun. Sayangnya sampai dengan pertengahan Desember, penerimaan pajak baru mencapai Rp1.061 triliun atau sekitar 82,6 persen dari target.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira memperkirakan penerimaan pajak hingga akhir tahun diperkirakan akan meleset atau terjadi shortfall hingga Rp130 triliun sampai Rp150 triliun. Artinya realisasi penerimaan pajak hanya 89 persen dari target dalam APBN-P tahun ini.

“Melesetnya target penerimaan pajak mengindikasikan asumsi makro seperti pertumbuhan ekonomi diperkirakan hanya tumbuh 5,05 persen atau lebih rendah dari target 5,2 persen dalam APBN-P 2017,” kata dia kepada Medcom.id di Jakarta, Selasa, 26 Desember 2017.

Dirinya menambahkan, melesetnya target pajak yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi ternyata tidak akan diikuti oleh inflasi. Justru untuk tahun ini inflasi diperkirakan lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

“Sementara inflasi diperkirakan sebesar 3,47 persen lebih rendah dari target 4,3 persen. Inflasi yang rendah justru mencerminkan dorongan permintaan atau konsumsi masyarakat cukup tertekan,” jelas dia.

Sementara itu, Bhima menyebut ada dua faktor dominan yang berpengaruh terhadap ekonomi sepanjang 2017. Kedua faktor tersebut ialah konsumsi rumah tangga yang stagnan di bawah lima persen dan pertumbuhan industri manufaktur yang rendah.

“Sebesar 30 persen sumber penerimaan pajak berasal dari industri manufaktur. Kalau industrinya loyo akibat daya beli lesu maka penerimaan pajaknya pasti tidak mencapai target,” pungkasnya.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: