BI Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,05 Persen Tahun Ini

image_title

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2017 ini mencapai 5,05 persen.

Sejak 2015 hingga saat ini, menurut Agus, perekonomian Indonesia terus menunjukkan perbaikan. Pada 2015, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya 4,88 persen namun perlahan mulai membaik dan berhasil mencapai 5,02 persen pada 2016.

“Sehingga Bank Indonesia memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2017 ini akan ada di kisaran 5,05 persen,” kata Agus di Gedung Bank Indonesia, Kamis, 28 Desember 2017.

Agus mengaku keyakinannya ini berdasarkan adanya sejumlah faktor pendukung, seperti perbaikan di sisi investasi dan ekspor, serta peningkatan impor pada 2017.

Peningkatan impor itu, menurut dia, menjadi sinyalemen adanya persiapan kapasitas dari dunia usaha, untuk menghadapi siklus perekonomian berikutnya.

Di sisi lain, neraca perdagangan hingga November 2017 pun tercatat surplus sebesar US$12 miliar. Surplus itu diprediksi akan terus terjadi.

Sementara defisit transaksi berjalan dipekirakan akan mencapai 1,65 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2017. Angka tersebut jauh lebih baik dibandingkan 4,2 persen dari PDB pada tahun 2013.

Selain itu, inflasi indeks harga konsumen (IHK) pada tahun 2017 diperkirakan akan tetap rendah dan stabil, yakni antara 3 sampai 3,5 persen. Pada tahun 2018, inflasi IHK diperkirakan mencapai 3,5 plus minus 1 persen.

Sumber : viva.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: