Kaleidoskop 2017: 9 Peristiwa Ekonomi Terpenting Sepanjang Tahun

Sepanjang 2017, terjadi peristiwa penting ekonomi mulai dari tutupnya gerai-gerai besar, masuknya nama baru di deretan orang terkaya Indonesia, sampai isu politik panas menyangkut registrasi kartu SIM prabayar. Berikut rentetannya dalam Kaleidoskop 2017:

  1. Tahun 2017 ini bisa dikatakan sebagai masa terburuk untuk bisnis ritel sejak kriris 1998. Dimulai dari bubarnya 7- Eleven, yang selama ini menjadi tempat nongkrong generasi milenial pada Juni, disusul tiga gerai Lotus, lalu sejumlah gerai Matahari, Hipermart, Ramayana, sampai Debenhams.

Biaya tinggi dan kecilnya pemasukan menjadi alasan penutupan gerai-gerai tersebut, Jaringan 7-Eleven misalnya, menangguk rugi lebih dari Rp 400 miliar. Namun di saat yang sama, Matahari dan Ramayana, juga membuka sejumlah gerai baru. Setidaknya ada dua hal yang dianggap ikut menjadi penyebab gulung tikarnya sejumlah gerai ini, yakni daya beli masyarakat menurun dan gempuran toko online yang makin masif.

  1. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatat rekor tertingginya sepanjang masa dengan menembus level 6.025, pada sesi perdagangan Rabu, 25 Oktober 2017. Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, rekor itu bisa diraih karena kuatnya pasar domestik. Pada 2016, terdapat 110 ribu investor baru yang membeli saham di BEI. Sedangkan tahun ini, kata dia, ada 64 ribu investor baru dari Januari sampai September. Sebanyak 45 persen investor baru merupakan investor domestik.
  2. Majalah Forbes pada 29 November 2017, merilis daftar50 orang terkaya di Indonesia 2017. Ada dua nama baru yang masuk dalam daftar itu, yakni Arini Subianto dan Hartono Kweefanus. Arini Subianto, menggantikan ayahnya, Benny Subianto, yang meninggal pada Januari 2017. Salah satu pemilik toko buku Aksara ini, sekarang memegang kendali Persada Capital Investama dengan jumlah harta US$820 juta

Hartono Kweefanus, dengan kekayaan US$540 juta adalah pemilik kerajaan biskuit Monde Nissin dan Khong Guan Biscuit. Dua nama yang sempat menghilang dari daftar, Iwan Lukminto dan The Ning King, kembali masuk.

Budi dan Michael Hartono dari Djarum tetap menjadi orang terkaya Indonesia dengan harta US$32,3 miliar, disusul Eka Tjipta Widjaja (US$9,1 miliar/Sinar Mas), Susilo Wonowidjojo (US$8,8 miliar/Gudang Garam), Anthoni Salim (US$6,9 miliar/Salim Group), dan Sri Prakash Lohia (US$6,4 miliar/Indorama)

  1. Registrasi Kartu SIM Prabayar, yang dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, sempat menuai kontroversi. Banyak beredar hoax, yang menyebutkan registrasi dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan dan Kartu Keluarga itu, bisa dimanfaatkan untuk memenangkan salah satu calon presiden pda Pemilu 2019.

Registrasi yang dilaksanakan mulai 31 Oktober 2017 sampai 28 Februari 2018 ini, bertujuan untuk mencegah pihak tak bertanggung jawab melakukan penipuan menggunakan telepon selular dengan identitas palsu. Sampai akhir tahun ini, sudah lebih 110 juta orang melakukan registrasi.

  1. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 mendapat perhatian besar dari masyarakat. Terbukanya cara perekrutan, sehingga menjamin kejujuran dan keadilan proses rekruitmen, membuat banyak pihak menaruh kepercayaan. Pada tahun ini, pemerintah membuka dua tahap, pertama untuk Mahmakah Agung sebanyak 1684 formasi dan kedua untuk 61 kementerian dan lembaga sebanyak 17.526 formasi. Tidak kurang dari 1,1 juta pelamar mengikuti seleksi ini.

Pada 2018, pemerintah kembali akan membuka lowongan CPNS. Meski belum ditentukan jumlahnya, namun diperkirakan sekitar 200 ribu formasi disediakan, sesuai jumlah pNS yang pensiun tahun depan.

  1. Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 mencatat rekor baru nilai transaksi dengan menembus Rp 4,7 triliun. Jumlah itu naik sekitar Rp 1,4 triliun dibanding 2016. Harbolnas 2017 diikuti 254 e-commerce dan digelar sepanjang tiga hari pada 11-13 Desember 2017.
  2. Taksi onlineakhirnya diakui keberadaannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerbitkan Peraturan Menhub Nomor 108 Tahun 2017 pada November 2017 untuk mengatur taksi online. Alasan pemerintah menerbitkan aturan itu adalah untuk menciptakan persaingan yang sehat antara taksi online dan taksi konvensional.
    Dalam aturan tersebut, terdapat sejumlah ketentuan yang mesti dipenuhi perusahaan dan pengemudi taksi online, di antaranya ada tarif batas bawah, kuota kendaraan dan wilayah operasi, serta keharusan kir dan penggunaan SIM A umum.
  3. Pada 30 November 2017, Menteri Keuangan Sri Mulyani melantikRobert Pakpahanmenjadi Direktur Jenderal Pajak. Robert menggantikan Ken Dwijugiasteadi yang pensiun. Robert Pakpahan sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko sejak 2015.

Robert Pakpahan sebelumnya pernah mengikuti bursa pemilihan Direktur Jenderal Pajak pada 2014, namun gugur pada seleksi tahap kedua. Pria kelahiran Tanjung Balai, Sumatera Utara, 20 Oktober 1959 itu lulusan STAN pada 1981 dan meraih gelar Doctor of Philosophy in Economics dari University of North Carolina pada 1988.

  1. Rencana Lippo Group membangun kawasan perumahan Meikarta di Cikarang seluas 2 ribu hektar menarik perhatian publik. Pembangunan ini sempat dipertanyakan karena belum ada rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Namun pada Desember 2017, rekomendasi turun untuk pembangunan kawasan seluas 84,6 hektare.

Presiden Direktur Meikarta Ketut Budi Wijaya menargetkan akan ada 50 tower yang selesai dibangun pada 2018 akhir nanti. Ia berharap, target 200 tower di kota super Meikarta akan terwujud pada 2023

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: