Tak Ada Extra Effort untuk Panen Pajak di Akhir Tahun

Tak Ada <i>Extra Effort</i> untuk Panen Pajak di Akhir Tahun

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan meyakini di sisa waktu yang kurang dari empat hari menuju akhir tahun bisa mengumpulkan sisa penerimaan pajak yang diproyeksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Ani, sapaan akrab Sri Mulyani sebelumnya mengatakan penerimaan pajak memang tak akan mencapai target Rp1.283,6 triliun. Sebab, jika melihat realisasi hingga 15 Desember lalu  Rp1.058,4 triliun, masih ada Rp225,2 triliun yang harus dikejar dalam tempo dua minggu.

Namun, Ani mengakui sisa tersebut tak akan dikejar, karena akan ada potensi shortfall sebesar Rp110 triliun hingga Rp130 triliun. Dia meyakini di sisa waktu tersebut, Ani bilang yang mungkin bisa dicapai yakni sekitar Rp100 triliun.

Jika dilihat berdasarkan historikal pada tahun-tahun sebelumnya, Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan DJP Yon Arsal mengatakan sisa tersebut sangat mungkin dicapai.

Menurut Yon, dalam tiga hari terakhir biasanya akan ada panen dari beberapa pos penerimaan pajak seperti pajak pertambahan nilai (PPN), serta Pajak Penghasilan (PPh).

“PPN itu memang berkumpulnya di hari-hari terakhir, tiga hari ini, andalan kita dinamisasai PPh juga tiga hari terakhir, PPh 21. Bulan ini lagi dihitung ulang untuk kekurangan bayar, jadi akan disetor sekarang yang bayar normal,” kata Yon pada Medcom.id, Jakarta, Kamis, 28 Desember 2017.

Yon mengatakan DJP masih akan menerima penerimaan hingga 31 Desember, meskipun untuk pembayaran melalui bank hanya dilakukan hingga 30 Desember, namun banyak wajib pajak yang telah menggunakan e-billing.

“31 Desember saja itu yang masuk bisa Rp2,5 triliun. Jadi angka Rp100 triliun itu bisa dikumpulkan kalau lihat history-nya,” tutur dia.

Lebih jauh dia menambahkan, di sisa hari-hari akhir ini, tak ada upaya ekstra (extra effort) yang dilakukan DJP. Sebab berbagai upaya telah dilakukan sebelumnya mulai dari imbauan, konseling, dan sebagainya.

“Strategi sudah dilakukan, jadi sisa waktu ini kita tinggal memanen hasil,” jelas Yon.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: