Wamen ESDM: Aturan Gross Split Sudah Ditandatangi Jokowi 2 Hari Lalu

https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 29 320 1837687 wamen-esdm-aturan-gross-split-sudah-ditandatangi-jokowi-2-hari-lalu-VdIpS6ljZk.jpg

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2017 tentang pajak gross split akhirnya resmi berlaku. Berlakunya aturan tersebut setelah Presiden Joko Widodo menandatangani langsung aturan pajak tersebut.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan dengan di tanda tangannya aturan tersebut bisa menggairahkan investor untuk berinvestasi migas di Indonesia. Karena aturan tersebut bertujuan untuk mempermudah (memberikan insentif) kepada para investor asing yang ingin investasi di bidang Migas.

“Alhamdullilah aturan gross split sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo dua hari yang lalu,” ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta,Jumat (29/12/2017).

Menurut dia, dalam aturan tersebut pemerintah memberikan tujuh insentif pajak yang akan diterima oleh investor. Seperti pembebasan bea masuk impor atas barang operasi migas.

Tak hanya itu, pada tahap eksplorasi, para kontraktor atau investor juga tidak akan kena pungutan pajak atas perolehan dan pemanfaatan barang dan jasa operasi migas. Adapun kedua pajak tersebut yakni Pajak Pertambahan Nilai (PPN), pajak Penjualan Atas Barang-Barang Mewah (PPNBM).

“Ini sampai nanti pada saat dimulainya produksi. Kalau dulu di PP 27 hanya sampai eksplorasi sesudah itu mulai POD pajak-pajak indirect tax ini mulai kena,” jelasnya.

Selanjutnya lanjut Arcandra, insentif yang juga diberikan adalah tidak dipungutnya PPh pasal 22 atas impor barang operasi migas. Kemudian, ketika dimulainya produksi, kontraktor akan menerima pengurangan PBB sebesar 100%.

Berikutnya, pemanfaatan aset migas bersama migas (cost sharing) juga tidak dikenakan PPN. Sementara, lost carry forward bisa 10 tahun, dari yang sebelumnya hanya 5 tahun.

“Selanjutnya biaya tidak langsung kantor pusat tidak kena PPN. Jadi pada PP 53 ini benar-benar diberikan keringanan pajak dari mulai eksplorasi hingga produksi,” jelasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: