Anies Apresiasi Penerimaan Pajak DKI Tahun 2017 Melebihi Target

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi kinerja Badan Pajak Retribusi Daerah DKI karena berhasil mencapai target penerimaan pajak tahun 2017 untuk pertama kalinya sejak 2013 .

Hal tersebut disampaikan Anies ketika ia menghadiri Tasyakuran Badan Pajak Retribusi Daerah DKI, Selasa (2/1) di Kantor Badan Pajak Retribusi Daerah DKI, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Ia mengatakan, pada tahun 2017 penerimaan pajak di DKI adalah sebesar Rp 35,6 triliun. Jumlah tersebut bahkan mengalami surplus atau lebih banyak hingga mencapai Rp 36,1 triliun atau sekitar 103,54 persen.

“Itu berkat kerja keras seluruh pegawai Badan Pajak Retribusi Daerah, sehingga saya ucapkan selamat dan terima kasih atas prestasi yang dicapai. Pertumbuhannya dari tahun ke tahun terlihat sangat signifikan,” ujar Anies.

Ia menjelaskan, pada 2014, realisasi penerimaan pajak adalah Rp 27 triliun yang meningkat pada tahun 2015 menjadi Rp 29 triliun. Pada tahun 2016 jumlahnya meningkat lagi menjadi Rp 31 triliun dan tahun 2017 menjadi Rp 36 triliun.

Namun dari kenaikan-kenaikan tersebut, Anies menilai kenaikan di tahun 2017 paling baik karena dari semula kenaikannya hanya berkisar di angka 6 persen, di tahun tersebut menjadi 8 persen. Kendati demikian ia menekankan kepada jajaran Badan Pajak agar tidak puas karena bisa lebih baik daripada tahun lalu, tetapi selain lebih baik jumlahnya juga harus lebih baik peningkatannya.

“Karena kalau persentase peningkatannya meningkat, artinya effort untuk pencapaian target juga lebih baik. Kami lihat di sini hampir semua aspek tercapai, targetnya yang paling tinggi pencapaiannya dari BPHTB itu 121 persen, lalu pajak reklame 106 persen. Jadi dari ini saja adanya peningkatan yang signifikan,” terangnya.

Adapun pajak-pajak yang tidak tercapai targetnya diantaranya adalah pajak air dan tanah yang hanya 95 persen. Oleh karena itu pihaknya meminta agar hal tersebut diperbaiki di tahun ini dan yang sudah meningkat lebih ditingkatkan lagi.

Anies juga meminta kepada seluruh warga Jakarta untuk menunaikan kewajibannya membayar pajak karena semua orang mendapatkan manfaat dari kota Jakarta. Dengan demikian dengan warga membayar pajak maka pihaknya bisa membangun Ibu Kota menjadi lebih baik lagi,

Rasa syukur atas tercapainya target penerimaan pajak tersebut juga diwujudkan dalam bentuk pemberian santunan kepada anak-anak yatim/dhuafa. Ia meminta para penerima santunan untuk menggunakan santunan itu dengan baik seperti untuk keperluan sekolah atau ditabung untuk masa depan.

“Saya berharap kinerja Badan Pajak Retribusi Daerah DKI Jakarta di tahun yang baru ini bisa terus meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya,” pungkasnya.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: