Syarat Terpenuhi, RI Siap Ikut Pertukaran Informasi Pajak AEoI

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan atau DJP memastikan seluruh persyaratan untuk mengikuti program pertukaran informasi data perpajakan atau automatic exchange of information (AEoI) sudah terpenuhi. Indonesia sudah siap berpartisipasi dalam AEoI.

Direktorat Jenderal Pajak Robert Pakpahan mengatakan terdapat empat persyaratan untuk mengikuti AEoI. Tim panitia AEoI telah mengecek kemampuan DJP memenuhi syarat tersebut. “Kami dinyatakan sudah lulus,” kata dia di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018.

Syarat tersebut antara lain mengenai legislasi domestik. Indonesia telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2017 tentang pertukaran informasi keuangan.

Syarat lainnya berkaitan kesiapan informasi dan teknologi. DJP dinyatakan sudah siap dengan sistem transmisi data yang dimiliki. DJP juga dinilai dari sisi kemampuan tata kelola dalam menjaga rahasia data. 

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama mengatakan pihaknya tengah menunggu pengumuman resmi dari forum global mengenai partisipasi Indonesia. “Dari global forum hasil finalnya kemungkinan Juni,” ujarnya.

Hestu optimistis hasilnya positif lantaran semua syarat sudah terpenuhi. Meskipun masih ada beberapa yang harus diperbaiki, dia menuturkan persiapan yang dilakukan DJP sudah sesuai persyaratan.

Lebih jauh Hestu mengatakan pertukaran data pajak akan dimulai pada September 2018. DJP nantinya akan mendapat data perpajakan dari negara lain yang juga berpartisipasi dalam AEoI.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: