Tantangan Target 2018

Sementara terkait upaya pencapaian penerimaan pajak 2018 yang sebesar Rp 1.424 triliun, menurut Robert, itu menjadi tantangan tersendiri, karena target yang meningkat dibandingkan 2017. “Target dari APBN ke APBN hanya tumbuh 10%, tapi kalau dari realisasi 2017 kelihatan tumbuh 20%. Ini menjadi tantangan tersendiri,” kata dia.

Robert mengatakan, untuk mengejar target penerimaan pajak tersebut otoritas pajak akan melakukan upaya ekstensifikasi dan intensifikasi yang selama ini telah rutin dilakukan. “Hal rutin akan dilakukan melalui perbaikan pelayanan, edukasi, kemudahan membayar serta penyampaian laporan. Pengawasan di prosedur juga dilakukan serta meneruskan penegakan hukum,” jelas dia.

Selain itu, upaya lainnya adalah dengan meningkatkan kemudahan administrasi khususnya layanan elektronik serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas infrastruktur sistem teknologi dan kualitas basis data perpajakan.

“Soal teknologi informasi, kami akan membeli sistem baru, untuk memperbaiki proses bisnis dan meng-handle tata kelola data dengan baik agar lebih tersentralisasi,” ujar Robert.

Pembenahan sistem teknologi ini diperlukan karena otoritas pajak akan mendorong pemanfaatan data dari program amnesti pajak maupun yang disampaikan pihak ketiga untuk kepentingan pengawasan perpajakan.

“Pada 2018, ada akses data atau informasi tambahan yang didapatkan, termasuk dari tax amnesty. Kalau ditemukan ketidakpatuhan, kami akan tindaklanjuti,” kata Robert.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: