Pembahasan Pajak Facebook dan Twitter Ditargetkan Segera Rampung

Pemerintah masih membahas pajak perusahaan over the top (OTT) Facebook dan Twitter. Sebelumnya, pemerintah berhasil menarik pajak perusahaan teknologi informasi asal Amerika Serikat, Google.

“Kami akan menggelar rapat lagi,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa, 9 Januari 2018.

Direktorat Jenderal Pajak sukses menarik pajak Google untuk tahun 2015. Jenis pajak yang dibayarkan merupakan pajak penghasilan (PPh) dan pajak pertambahan nilai (PPN).

Ditjen Pajak tak mengumumkan besaran nominal yang dibayarkan lantaran terkait dengan kerahasiaan SPT wajib pajak yang tercantum dalam Pasal 34 Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Sri Mulyani tak merinci kapan pembahasan pajak kedua perusahaan OTT itu rampung. Namun ia berjanji segera mengumumkannya. “Nanti, kalau keputusan sudah selesai, kami umumkan, segera kok,” ujarnya.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) Direktorat Jenderal Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan pembahasan pajak perusahaan over the top tersebut telah memasuki tahap finalisasi.

“Dari BKF (Badan Kebijakan Fiskal), DJP, dan bea cukai sudah memfinalisasi itu untuk kemudian dimintakan arahan dan persetujuan dari Bu Menteri,” ujar Hestu, kepada Tempo, Rabu, 10 Januari 2018.

Hestu mengatakan komunikasi dengan Facebook dan Twitter dilakukan Kantor Pelayanan Pajakwilayah Jakarta. KPP juga yang melakukan perhitungan pajak kedua perusahaan itu.

Hestu tak dapat memastikan kapan pembahasan penarikan pajak itu rampung. Namun, merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Roadmap E-Commerce), segala regulasi terkait harus selesai awal tahun ini.

“Kalau di Perpres 74 harus segera, skema perpajakannya, skema yang lain. Harus segera selesai awal tahun ini,” tutur Hestu.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: