idEA: Pajak Jual Beli Online Ganggu Ekosistem Ekonomi Digital

Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) khawatir pajak yang dikenakan terhadap aktivitas jual beli online (e-commerce) di platform market place akan mengganggu ekosistem ekonomi digital.

Bima Laga, Ketua Bidang Pajak, Keamanan Siber, Infrastruktur idEA mengatakan, berdasarkan survei terhadap 200-300 koresponden yang merupakan penjual di market place, sebagai besar merupakan penjual yang baru pertama kalinya menjual barang dagangan secara online.

“Bahkan ada nenek-nenek umur 65 dia tanya gimana jualan di market place? Ternyata dia punya ide untuk jualan pie batubara karena itu di daerah Kalimantan yang banyak bahan tambang. Saya punya email katanya. Akhirnya saya jelaskan step by step caranya,” kata Bima di Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Dia pun mendorong pemerintah untuk lebih bijak dalam menetapkan aturan pajak dengan melakukan kajian yang mendalam terhadap penjual online. Keberadaan pajak dikhawatirkan menekan potensi tumbuhnya UMKM, terutama di sektor e-commerce di Indonesia.

“Kita ingin pemerintah melihat potensi UMKM ini besar. Mereka seharusnya diajarin dulu karena mereka baru berkembang,” ucapnya.

Hingga saat ini, idEA menyatakan belum mengetahui secara persis Rancangan Peraturan Menteri Keuangan tentang Tata Cara Perpajakan Pelaku Usaha Perdagangan Berbasis Elektronik atau pajak e-commerce. Dengan begitu, idEA belum bisa melakukan sosialisasi mengenai aturan pajak kepada para penjual online.

“Kita belum bisa umumkan kepada seller kalo aturannya saja belum keluar. Kalau sudah keluar baru bisa diinstruksikan ke seller,” kata Ketua Umum idEA, Aulia Marinto pada kesempatan yang sama.

Sumber : inews.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: