Tahun Lalu Penerimaan Cukai Rokok 155,4 Triliun, ke Mana Penyalurannya ?

Tahun Lalu Penerimaan Cukai Rokok 155,4 Triliun, ke Mana Penyalurannya ?

Peneliti Puslit Badan Keahlian DPR RI, Rohani Budi Prihatin mengemukakan keprihatinannya terhadap penggunaan dana hasil dari penerimaan cukai rokok.

Menurut Budi, dana yang didapat dari penerimaan cukai tembakau sangat besar dan sudah disalurkan ke tiap kabupaten/ kota di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Budi saat menjadi pemateri di Seminar Nasional yang diselenggarakan di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention.

“Ada dua keran penerimaan, pertama sebesar 2 persen dari penerimaan cukai rokok yakni DBHCT, bayangkan tahun lalu penerimaan Rp 149 triliun,” ujarnya, Rabu (31/1/2018).

Pada acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Pusaka Indonesia itu, Budi menjelaskan keran kedua yakni sesuai UU no 28 tahun 2009 yang mengatur pajak daerah dan retribusi daerah.

“Pada aturan itu hasil penerimaan pajak rokok oleh Dirjen Bea Cukai diserahkan kepada 70 persen kabupaten dan kota, 30 persen ke provinsi, pada tahun 2017 sebesar 155,4 triliun,” ujarnya.

Namun, menurut Budi dari dua sumber dana tersebut yakni, Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) dan pajak rokok, penyerapannya masih rendah.

Masalah yang sering terjadi di daerah menurut Budi, terkait koordinasi antar lembaga, keterbukaan informasi, serta penyerapan.

“Ada juga alokasi dana yang harusnya untuk fasilitas kesehatan, perda kawasan tanpa rokok dan penegakannya, digunakan ke pembelian fasilitas yang kadang tidak ada hubungannya,” ujarnya.

Budi berharap, berbagai instansi daerah yang terkait dengan penggunaan pajak rokok maupun DBHCHT pro aktif membuat program terkait perda kawasan rokok beserta penegakannya.

“Dan juga untuk mengurangi konsumsi rokok, melindungi dampak negatif dari rokok, dan menyediakan pelayanan kesehatan,” katanya.

Sumber : tribunnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: