IMF ingatkan RI soal pajak, Sri Mulyani: Kami cari titik seimbang

Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan optimisme bahwa dalam jangka menengah, pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia akan meningkat secara bertahap menjadi sekitar 5,6%. Namun, IMF mencatat bahwa penyesuaian fiskal pada tahun 2018 harus bertahap agar melindungi pertumbuhan.

“Bauran kebijakan jangka pendek harus menyeimbangkan tujuan mendukung pertumbuhan sambil pada saat yang bersamaan tetap menjaga stabilitas,” ungkap IMF dalam laporan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Indonesia selain menjaga pertumbuhan ekonomi juga menjaga stabilitas APBN. Oleh karena itu, apa yang dilakukan oleh pihaknya adalah mencari titik seimbang.

“Kalau IMF punya pandangan yang lebih relax, ya silakan saja. Tapi Indonesia dengan defisit financing lebih rendah dan keinginan kita buat primary balancelebih kecil itu tujuannya menciptakan fiscal buffer,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (7/2).

Menurut Sri Mulyani, hal ini dilakukan lantaran situasi ekonomi tidak selalu mudah sehingga saat ekonomi mengalami shock terutama dari faktor eksternal, “Kami masih punya space untuk intervensi,” ucapnya.

Ia mengatakan, untuk penerimaan pajak Indonesia perlu lebih dari sekadar strategi pendapatan, yakni menggunakan kebijakan pajak agar mengatasi masyarakat yang tidak setara di Indonesia. Dengan demikian, perlu ada kesetaraan beban bagi orang-orang yang harus membayar pajak

“Kami juga melihat bahwa bisnis-bisnis itu tidak selalu stabil dan adil. Dan ini membutuhkan inovasi dalam proses membuat kebijakan. Kami ingin mendengarkan agar bisa memodifikasi kebijakan tersebut sehingga itu bisa sesuai dengan kebutuhan dari dunia usaha. Sementara, terus mengatasi masyarakat tidak kesetaraan dan juga ketidakadilan pajak,” jelasnya.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: