Ini Jurus Pemerintah Genjot Kinerja Ekspor dan Investasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan upaya spesifik yang akan dilakukan pemerintah untuk mendorong ekspor dan investasi yakni melakukan berbagai macam simplifikasi pengurangan dari beban regulasi.

“Seperti instruksi Presiden kita akan mengurangi berbagai beban usaha swasta dari sisi peraturan dan birokrasi,” katanya, Selasa (6/2/2018).

Sri Mulyani mengemukakan dengan hal itu diharapkan investor tidak terbebani lagi dengan biaya-biaya usaha yang sudah ditekan serendah mungkin.

Pemerintah juga akan fokus mengejar pihak swasta untuk masuk pada berbagai sektor proyek strategis nasional utamanya infrastruktur.

Di sisi lain, Sri Mulyani menilai pemerintah masih terus memperhatikan perkembangan terutama bursa-bursa di luar negeri yang dipicu oleh perkembangan Amerika Serikat (AS).

Dari sisi sentimen AS yang muncul kemudian pasti menular pada bursa di Eropa dan Asia.

“Kita tentu akan tetap melihat ini pada sikap kehati-hatian, kebijakan pemerintah akan diperkuat. Dari sisi makro kami dengan BI akan terus sampaikan bahwa kebijakan fiskal dan moneter selalu ditujukan guna stabilitas ekonomi Indonesia,” katanya.

Tak hanya itu, pemerintah juga bersama OJK dan LPS berkomitmen terus menjaga terutama pada sistem keuangan. Hal itu dilakukan dengan berbagai fokus pada berbagai kebijakan yang bisa menjaga momentum dari pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah akan menjaga mesin pertumbuhan agar terus bertumbuh lagi, sehingga diharapkan pertumbuhan investasi di atas 7%, ekspor di atas 8%, dan konsumsi pada 5% dan lebih, serta pengeluaran pemerintah yang dilakukan secara keberpihakan.

Adapun dari sisi fundamental makro, defisit 2,19%, inflasi, dan nilai tukar masih memberi keyakinan bahwa ekonomi Indonesia memiliki fleksibilitas sehingga mampu menjaga saat pemerintah fokus meningkatkan.

“Intinya kita mau meyakinkan pada swasta bahwa mereka dapat dan bisa berpartisipasi banyak terhadap pertumbuhan ini,” ujarnya.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: