Jurus Sri Mulyani Jaga Ekonomi Indonesia di Tengah Gonjang-ganjing Global

https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 06 20 1855716 jurus-sri-mulyani-jaga-ekonomi-indonesia-di-tengah-gonjang-ganjing-global-wOJ10R4vuk.jpg

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawatimengatakan, akan terus melihat perkembangan dari pasar modal yang terjadi di luar negeri. Terutama yang dipicu oleh perkembangan di Amerika Serikat (AS).

Menurutnya, tentunya dari berbagai macam sentimen yang muncul akan menular kepada bursa-bursa yang ada di kawasan baik di Eropa dan di Asia.

“Kami tentu akan melihat ini dengan berfokus pada ke hati-hatian. Pertama seluruh kebijakan pemerintah akan terus diperkuat, sekarang ini dari sisi makro kami dengan Bank Indonesia akan terus ingin sampaikan bahwa kebijakan fiskal ada moneter-moneternya ditujukan untuk menjaga stabilitas dari perekonomian Indonesia,” ungkapnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Sri Mulyani menyatakan, selain dengan BI, saat ini pihaknya juga telah bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hari ini. Hal ini untuk terus bisa menjaga sistem dan sektor keuangan Indonesia.

“Kita juga akan fokus pada kebijakan-kebijakan yang bisa  menjaga momentum dari pertumbuhan ekonomi yang kemarin di Kuartal IV terutama investasi dan ekspor sudah sangat positif,” jelas dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, mengatakan capaian positif ini harus tetap dijaga, terutama pertumbuhan dari investasi agar bisa tumbuh lebih tinggi lagi dan diharapkan di atas 7%. Selain itu, ekspor juga akan tetap dijaga di atas 8%.

“Kemudian konsumsi akan bisa dijaga 5% dan lebih serta goverment spending yang dilakukan secara supportif. Kita juga ingin memberikan keyakinan pada privat sector bahwa mereka dapat dan bisa berpartisipasi banyak terhadap pertumbuhan ekonomi ini,” kata dia.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa fundamental ekonomi makro akan tetap dijaga tahun ini dengan defisit yang sekitar 2,19% dari fiskal maupun dari sisi moneter.

“Baik dari sisi inflasi dan nilai tukar dia memberikan satu keyakinan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki cukup fleksibilitas sehingga kita bisa mampu menjaga stabilitas itu pada saat kita tetap fokus meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tukas dia.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: