Bila Pajak PPnBM Nanti Turun, Produksi Mobil Sedan Indonesia Belum Tentu Melejit

Bila Pajak PPnBM Nanti Turun, Produksi Mobil Sedan Indonesia Belum Tentu Melejit

Menteri Perindustrian kepada Menteri Keuangan, meminta pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil sedan dapat direvisi kembali.

Dari kabar yang berhembus di pekan ini, revisi ini diusulkan lantaran mobil sedan yang masuk pada kategori barang mewah dikenakam pajak PPnBM yang sangat tinggi. Mengakibatkan penjulan mobil sedan cukup merosot di Indonesia.

Revisi pajak PPnBM kini telah sampai kepada kajian oleh tim tarif di Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu.

Saat ini pajak untuk sedan mini (1.500 cc ke bawah) dikenakan 30 persen dan sedan kecil (di atas 1.500 cc) 40 persen. Adapun kendaraan penumpang selain sedan dan station wagon, tarif PPnBM hanya sebesar 10 persen hingga 20 persen.

Mendengar kabar tersebut, saat Tribun meminta tanggapan, Bidang Promosi Agung Toyota Auto Mall Area Riau, Andy menyebut, hal ini cukup positif bagi industri otomotif, khususnya jenis sedan. Dimana dapat mengurangi harga jual pada unit mobil.

“Itu dari segi industri otomotif, Sebenarnya dampaknya gak terlalu berpengaruh sama penjualan, karena untuk segmen mobil sedan katakanlah Mobil Sedan Toyota Camry (mobil eksklusif, red), penjualannya gak banyak amatlah,” jelas Andy, Selasa (20/2/2018).

Menurut Andy, jika nanti revisi pajak PPnBM mendapatkan putusan sesuai permintaan kementerian perindustrian, harga jual juga tidak akan jauh berbeda dengan harganya saat ini.

Sedangkan saat ditanya terkait apakah jumlah produksi mobil sedan dengan ini akan semakin melejit, Andy menyebut itu belum tentu. Sebab, kondisi jalan di Indonesia saat ini masih belum banyak mendukung untuk perjalanan mobil jenis sedan.

“Berbeda dengan eropa (kondisi bagus, red),” katanya.

Andy melihat, ke depan, Indonesia masih sangat mendukung untuk produksi mobil di segmen MPV. Karena mobil jenis ini sangat cocok untuk jalanan Indonesia, karena lebih tinggi.

“Indonesia masih mendominasi oleh MPV dibanding sedan (hatchback),” tandasnya.

Sumber : tribunnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: