BPS Sebut Pelemahan Rupiah Akan Pukul Impor

https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 01 320 1866453 bps-sebut-pelemahan-rupiah-akan-pukul-impor-kPtaoEeOOb.jpg

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali mengalami pelemahan hingga titik terbawahnya. Pelemahan rupiah tembus hingga Rp13.800 per USD.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik ( BPS) Yunita Rusanti menilai, pelemahan Rupiah akan berpengaruh terutama pada bahan baku yang bersifat import. Pasalnya, Indonesia masih mengimpor bahan baku untuk beberapa produk jadi, seperti kedelai sebagai bahan pokok untuk tempe.

“Kalau ke inflasi, yang langsung ke bahan makanan itu yang kaitannya dengan kurs barang-barang impor. Kan kedelai maasih impor, jagung impor, gandum, cuma kita konsumsinya kan produk lebih lanjut dari itu,” ujarnya di Kantor Pusat BPS, Kamis (1/3/2018).

“Kalau jagung lebih digunakan untuk pakan ternak. Kalau pakan ternak naik, khawatirnya ayamnya juga naik, telur ayam ikut naik,” tambah dia.

Yunita melanjutkan, penggunaan bahan baku impor dikhawatirkan akan memicu kenaikan pada produk jadi yang dihasilkan. “Kalau harga gandum naik, dampaknya ke mi roti. Kalau kedelai tahu tempe. Akan ada pengaruh ke situ,” jelas dia.

Akan tetapi, dia tidak dapat mengukur besarnya kontribusi pelemahan Rupiah ini kepada inflasi. Kondisi ini juga tergantung kepada upaya pemerintah untuk menjaga kurs Rupiah.

“Kalau enggak terlalu signifikan ‎impornya bisa disupplai dari domestik, bisa membantu, misalnya tahu tempe bisa nih pakai kedelai lokal, maka akan membantu inflasi enggak tinggi,” kata dia.

Melansir Bloomberg Dollar Index, Rupiah pada perdagangan spot exchange rate di pasar Asia naik 52 poin atau 0,38% menjadi Rp13.803 per USD. Adapun pergerakan harian Rupiah, berada di kisaran Rp13.760-Rp13.817 per USD.

Sumber : okezone.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: