Indonesia tak kebal penyakit

Walau ekonomi Indonesia sehat, bukan berarti jaminan perekonomian Indonesia kebal terhadap serangan penyakit. Apalagi faktor eksternal memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia.

Termasuk salah satu efek dari eksternal adalah lesunya bursa saham Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Kebijakan-kebijakan yang dilakukan negara lain di luar Indonesia, telah menjalar dan membuat ekonomi Indonesia ikut bergejolak.

Kebijakan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve yang akan menaikkan Fed Rate sebanyak empat kali lipat memicu investor pulang kampung. Selain itu terdapat pula perang dagang yang terjadi antara Indonesia dengan AS serta Uni Eropa (UE).

Rencana AS menaikkan tarif bea masuk bagi komoditas baja dan aluminium bisa menjadi pemicu perang dagang. Langkah tersebut bisa dibalas oleh UE dengan menaikkan tarif produk unggulan dari AS.

Selain itu Indonesia saat ini ikut terlibat pada perang dagang atas kebijakan ekspor minyak sawit dari AS dan Eropa. Sejumlah faktor tersebut telah memicu hot money untuk keluar dari pasar yang rawan seperti Indonesia dan pindah ke negara dengan risiko yang lebih kecil.

Faktor eksternal yang menekan bursa saham itu tidak bisa dikendalikan oleh pemerintah. Apalagi pemerintah tidak melakukan intervensi di pasar saham.

Meski begitu, Indonesia tidak perlu panik, karena sebelumnya Indonesia sempat mencapai rekor tertinggi dalam Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Saham pun selalu dinamis ada naik dan ada turun. Namun pemerintah perlu melihat kelanjutan dari melesunya bursa saham Indonesia. Hal itu untuk menentukan langkah ke depan.

Bila kondisi bursa saham terus lesu, pemerintah perlu membuat strategi baru. Menurut saya, pemerintah perlu ikut menaikkan tarif bea masuk barang dari UE dan AS bila kondisi berlanjut.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: