Kemenperin gelar rapat bahas revisi aturan tax holiday dan tax allowance

Kementerian Perindustrian menggelar rapat koordinasi terbatas lintas kementerian. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah merevisi aturan tentang tax holiday, guna memenuhi target investasi senilai Rp 3.500 triliun di tahun 2019. Selain tax holiday, pemerintah juga akan memberlakukan tax allowance.

“Hari ini rapat koordinasi terbatas lintas kementerian memutuskan memberlakukan tax holiday 100 persen dalam jangka panjang guna menarik investor menanamkan modal,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto saat meluncurkan program Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) untuk 15 kawasan industri di Yogyakarta, Senin (12/3) malam.

Sebagaimana diketahui, tax holiday adalah kebijakan pemerintah untuk membebaskan kewajiban pajak penghasilan badan bagi perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan tax allowance adalah potongan pajak sebesar 30 persen dari nilai investasi dalam waktu tertentu. Tax allowance ini diberlakukan di awal investasi.

Airlangga berharap adanya pemberian keringanan pajak ini akan mengundang banyak investor untuk menanamkan modalnya di bidang manufaktur. Sehingga mampu memperluas lapangan pekerjaan, dan meningkatkan sumber daya manusianya dengan inovasi yang dibawa masuk.

“Kita sangat berharap industri manufaktur ini sepenuhnya bergerak dalam bidang padat karya yang berorientasi ekspor. Sehingga meningkatkan daya saing Indonesia,” urai Airlangga.

Selain itu, pemberlakuan tax holiday dan tax allowance ditujukan untuk mendongkrak nilai survei Indonesia dalam kemudahan berinvestasi yang masuk kategori rendah di kawasan ASEAN. Dalam survei terakhir, indeks kemudahan berinvestasi di Indonesia di angka 72, lebih rendah dibandingkan Vietnam yang 48.

“Sesuai target Presiden, Indonesia tahun depan harus masuk dalam 50 besar negara dengan kemudahan investasi. Target ini harus bisa dicapai,” tutur Airlangga.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menjabarkan tax holiday akan diberlakukan selama 20 tahun. Sedangkan tax allowance pemberlakuannya masih dalam pembahasan lebih lanjut.

“Kami ingin ada sesuatu hal yang menendang dan sangat menarik bagi investor. Tentang kapan berlakunya kami menunggu instruksi lebih lanjut,” tutup Thomas.

Sumber : merdeka.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: