Pengusaha Besar Siap-Siap ‘Libur’ Bayar Pajak

April 2018, pemerintah bersiap memberlakukan kebijakan tax holiday bagi pengusaha yang berinvestasi lebih dari Rp 500 miliar di Indonesia. Nantinya para investor di Indonesia yang masuk klasifikasi mendapatkan keistimewaan tidak perlu membayar pajak alias tanggungan pajak 0 persen.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan tax holiday saat ini sedang difinalisasi untuk nantinya diberlakukan pada April 2018. Dalam peraturan kali ini pengusaha dipastikan tak lagi akan repot mengurus bermacam persyaratan termasuk tak ada lagi kebijakan diskresi.

“Tapi tetap aturan harus ketat mana saja investor yang bisa mendapatkan tax holiday, yakni investasinya harus besar paling tidak Rp 500 miliar, harus industri pionir dan padat karya juga beres dalam urusan lingkungan dan keamanan bangunan. Nantinya dihitung berdasarkan jumlah investasinya untuk dapat berapa tahun tax holiday, tapi maksimal 20 tahun,” ungkapnya usai membuka Konsolidasi Perencanaan dan Pelaksanaan Penanaman Modal Nasional di The Alana Selasa (13/03/2018).

Pemerintah menurut Darmin tengah mematangkan Satgas Online Single Submission (OSS) untuk memudahkan investor sekaligus menjadi data base untuk mengetahui rekam jejak perusahaan yang melakukan investasi. Satgas ini sudah dibentuk baik di tingkat pusat maupun daerah untuk memastikan peraturan pemerintah berjalan.

“Perusahaan akan punya nomor identifikasi yang berisi data untuk mengetahui detail informasi tentang perusahaan dan dikroscek oleh BPS juga. Tidak perlu diskresi lagi jadi nanti biarkan sistem yang mengerjakan,” sambungnya lagi.

April nanti, selain tax holiday, pemerintah juga akan memberlakukan kemudahan ijin investasi. “Jadi perijinan yang dahulu ratusan atau puluhan aturan menjadi dua sampai tiga saja, April juga mulai berjalan,” pungkasnya.

Sumber : krjogja.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: