Pemerintah Tebar Insentif ke UMKM

a0538-tax2bamnesti

Jakarta. Untuk mengembangkan pengusaha kecil dan menengah (UMKM), pemerintah menyiapkan aturan insentif. Rencananya, aturan ini akan dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pemberdayaan Koperasi serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor Perdagangan.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan (Kemdag) Oke Nurwan mengatakan, calon beleid itu berisi kemudahan dan dukungan agar UKM bisa berkembang. “Pepres itu berisi kemudahan pada pembiayaan, akses pasar, serta pemodalan,” katanya kemarin.

Beberapa insentif akan diatur: antara lain bantuan sarana dan prasarana untuk perdagangan dan distribusi untuk perbaikan toko atau warung, pemberian alat pemasang, gerobak usaha, coolbox, dan tenda.

Bantuan juga dapat diberikan untuk pengembangan produk bernilai tambah dan berdaya saing, antara lain perbaikan kemasan, diversifikasi varian produk, perbaikan mutu atau rasa, dan pengembangan desain produk.

Selain itu, aturan ini juga mengatur tentang penyederhanaan persyaratan serta prosedur penerbitan perizinan di sektor perdagangan. Pemberian bantuan dan atau keringanan biaya dalam pengurusan pendaftaran HAKI, sertifikat halal, sertifikat SNI, sertifikat profesi. Pemerintah juga akan membantu akses permodalan lembaga keuangan perbankan maupun non perbankan.

Untuk bantuan promosi, akan diberikan dalam bentuk penyelenggaraan pameran dagang di dalam negeri dan diluar negeri. Fasilitas untuk mengikuti pameran dagang di dalam negeri dan di luar negeri.

Wakil Ketua Kadin bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif Erik Hidayat bilang, Kadin mendukung payung hukum yang memberikan kemudahan akses bagi UKM dalam mengembangkan usahanya. Menurutnya, masalah utama UKM dalam mengembagkan usaha adalah soal akses permodalan. “Selama ini, kemampuan memperoleh kemudahan memperoleh kemudahan pinjaman modal masih terbatas. Selain itu, mereka belum ada pengetahuan soal manajemen,” katanya.

Penulis : Handoyo

Sumber : Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: