Menkeu Klaim Minimal Saldo Rp 1 Miliar Paling Adil

JAKARTA. Kementerian Keuangan menilai batas saldo rekening minimal Rp 1 miliar sudah sesuai asas keadilan. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, perubahan saldo minimal dari Rp 200 juta menjadi Rp 1 miliar menunjukkan keberpihakan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, “Kami memberi perhatian bahwa di atas Rp 1 miliar adalah paling memberi azas keadilan,” ucapnya, Kamis (15/6).

Menurutnya perubahan batas minimal saldo didasarkan atas reaksi masyarakat yang cenderung menolak jika batasnya Rp 200 juta. Apalagi berdasarkan data amnesti pajak, wajib pajak yang ikut amnesti dengan kas dan setara kas di atas Rp 1 miliar memiliki aset 1.661 triliun atau 95,5% dari nilai pelaporan. Sementara jumlahnya 291.331 WP atau 37,69% dari jumlah wajib pajak yang melapor

Perubahan ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan ( P M K ) Nomor 73/PMK.03/2017. Dalam PMK juga disebutkan, untuk kepentingan perjanjian internasional atau nasabah asing, batasan rekening keuangan yang wajib lapor adalah agregat saldo lebih dari US$ 250.000. Namun bagi rekening yang baru dibuka sejak 1 Juli 2017 dan rekening keuangan orang pribadi, tidak terdapat batasan saldo minimal.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: