Ini Kata Bankir Soal Ancaman Kredit Bermasalah Akibat Perkantoran Sepi

JAKARTA. Tingkat kekosongan penyewaan ruang ritel dan kantor tercatat mengalami peningkatan. Berdasarkan data lembaga riset properti Savills, tingkat kekosongan (vacancy) pasar perkantoran di area CBD, Jakarta mencapai 18,4% atau naik 2,7% dibanding semester sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut Direktur Utama PT Bank Mayapada Tbk Hariyono Tjahjarijadi menjelaskan saat ini yang sudah memang kios atau toko di sejumlah pusat perbelanjaan sudah mulai sepi. Namun potensi untuk menimbulkan rasio kredit bermasalah tidak terlalu besar.

Kemungkinan ini akan mempengaruhi dan menular ke sepinya ruang kantor. Setiap bisnis memang ada siklus naik dan turun, apalagi ditambah kondisi perekonomian mikro yang belum menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Dia menambahkan, kondisi ini hanya bersifat sementara atau temporer. Menurut dia, tidak berarti dengan mulai sepinya ruang sewa perkantoran akan menimbulkan kredit bermasalah di perbankan.

“Karena umumnya mereka yang memiliki ruang perkantoran secara ekonomi punya kemampuan untuk mengatasi persoalan kredit atas ruang perkantoran yang dia beli,” kata Hariyono saat dihubungi detikFinance, Rabu (2/8/2017).

Kemudian menurut Hariyono, para debitur juga memiliki jaminan dengan komersial yang tinggi ketika mengajukan pinjaman di sektor ini.

“Jaminan mereka nilai komersialnya tinggi. Apalagi untuk penghuni ruang kantoran kan mereka hanya sewa saja,” tambahnya.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: