Akselerasi Mobil Listrik, Menteri Jonan: Bea Masuk dan Pajak Mobil Listrik Perlu Dihapus

JAKARTA. Untuk mempercepat masuknya mobil listrik di jalan-jalan raya Indonesia beberapa alternatif dapat dilakukan. Dari sisi sumber daya manusia, Indonesia sendiri dinilai telah siap untuk menyambut kemajuan teknologi ini.

Menurut Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mempercepat penggunaan mobil listrik misalnya dengan membebaskan pajak bea masuk.

“Saya kira kalau bea masuk dan pajak atas barang mewah untuk mobil listrik dihapus, saya kira perkembangannya akan cepat tinggal kebijakannya mau melokalisasi produksi itu mau kapan, karena kalau menurut saya tidak bisa langsung, kalau mau dipaksa langsung saya tidak tahu, Gaikindo saya belum denger pandangan bagaimana,” demikian diutarakan Jonan melalui keterangan tertulis, Minggu (6/8/2017).

Kehadiran mobil listrik menurutnya, mempunyai tiga keuntungan. Pertama mengurangi emisi gas buang, kedua membuat udara lebih bersih dan yang ketiga adalah modernisasi. Sehingga, masyarakat mempunyai pilihan untuk  tetap menggunakan mobil berbahan hydrocarbon atau menggunakan listrik.

“Kalau menurut saya menggunakan mobil listrik emisinya nol, polusinya engga ada. Kita tidak bisa menghambat adanya perkembangan zaman termasuk modernisasi,”ujar Jonan.

Jonan juga mengatakan bahwa sumber daya manusia Indonesia sudah siap untuk mengaplikasikan kemajuan teknologi ini. Sehingga, dorongan dari pemerintah serta pihak terkait sangat dibutuhkan.

“Kalau di-assembling disini Indonesia sangat siap sekali karena onderdilnya sama, casisnya sama, interiornya sama, sistem kemudinya juga sama yang beda itu mesinnya ga ada diganti battery yang menyalurkan listrik ke penggerak roda,” tutup dia.

Sumber: okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: