Kirim Barang Keluar Batam Wajib NPWP, Benarkah Gara-gara Tak Bayar Pajak?

BATAM. Keluarnya kebijakan baru yang mulai diberlakukan oleh pihak Bea dan Cukai terhadap pengiriman barang keluar daerah yang mana harus di filter dengan sangat teliti, bukan hanya mendapat kritikan-kritikan dari masyarakat dan pelaku online shop saja yang mengalami kesulitan dan merasa kebijakan terlalu rumit.

Bahkan para pedagang grosiran seperti tas, baju, sepatu, dan elektronik pun mengkritik kebijakan baru tersebut.Mereka menilai dengan adanya kebijakan baru yang di berlakukan oleh Bea dan Cukai terhadap pengiriman barang keluar daerah, pasti akan berdampak dengan hasil penjualan barang-barang yang biasa di beli oleh pelaku usaha Online Shop di Kota Batam untuk memenuhi pesanan pelanggan mereka yang ada di luar daerah.

Mereka juga menilai walaupun dampak dari kebijakan tersebut belum terlihat sekarang ini, namun mereka mengkhawatirkan itu pasti akan terjadi.

Hasil wawancara Tribun dari beberapa pedagang yang berada di kawasan pusat perbelanjaan Nagoya-Jodoh, Pak cik min, misalnya, salah satu pedagang tas terbesar, mengatakan, selama ini kebanyakan pembeli adalah para pelaku online shop, kalau BC menerapkan kebijakan tersebut dia yakin akan berdampak sepinya nanti pembelian, khususnya pelanggan online shop.

“Jujur saja ya, ini yang paling laris itu tas perempuan. Pelanggan saya kebanyakan itu mereka adalah pedagang online, saya memang kasih diskon kalau sudah kenal, apalagi kalau mereka sudah beberapa kali belanja di tempat saya. Memang kalau masyarakat biasa itu ada, cuma kan jarang mereka beli. Kalau ada peraturan seperti itu, sama saja dengan mempersulit kami. Pedagang online itu kan untungnya tidak besar-besar betul, cuma ngambil ujung dari beli di sini,” ujar Min, yang kurang menyetujui kebijakan baru BC.

Sama saja halnya dengan pedagang sepatu dan elektronik, saat di temui Tribun mereka mengungkapkan, mengirim paket barang keluar Batam itu ada biaya, kalaupun memang tujuan dari Kebijakan BC untuk memantau pajak, bisa dengan solusi yang lain. Kalau di tekankan kepada syarat untuk mengirim paket barang keluar daerah, jelas akan berdampak pada para pedagang yang akan sepi pembeli karena masyarakat kesulitan untuk mengirimkan barang.

“Bagaimanapun pasti akan berdampak, contohnya kan tidak semua masyarakat yang punya NPWP, terus kalau notanya hilang bagaimana ? Kalau satu dua kali mereka merasa kesulitan akhirnya mereka akan nyerah. Sementara ada pesanan dari rekannya mungkin untuk di belikan sepatu disini, kemudian tidak jadi. Yang rugi siapa ? Para pedagang,” kata Aris, seorang pedagang sepatu.

“Kalau untuk sekarangkan memang belum berdampak karena beritanya saya dengarpun kemarin, dengan hal seperti itu jelas akan berdampak juga kepada para pedagang. Yang pasti orang yang ngirim barang keluar daerah itu bukan pedagang online saja, banyak juga masyarakat yang mungkin kirim barang untuk keluarganya di kampung,” Lendi, pedagang elektronik jenis handphone, menambahkan.

Sumber: tribunnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: