Komisi VI Kritik Mahalnya Pajak Bandara Yang Dibebankan ke Garuda

Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Rieke Dyah Pitaloka memberikan kritik berat kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kritik tersebut menyangkut perusahaan BUMN yakni PT Garuda Indonesia (Persero).

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) Yang dilakukan Komisi VI, Rieke menyampaikannya kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dalam hal ini mewakili Menteri BUMN Rini Soemarno.

Dalam kritiknya, Rieke menyesali mahalnya perbedaan pajak bandara atau Tax Airport yang didapat Garuda di Terminal 3 Soekarno-Hatta. Menurutnya, pajak yang diterima Garuda dua kali lebih mahal dibanding Terminal 1 dan 2.

Hal itu membuat tiket pesawat yang dijual Garuda menjadi jauh lebih mahal. Kondisi tersebut dikhawatirkan akan membuat maskapai berlogo burung itu merugi karena ditinggal penumpang.

“Terminal 3 airport tax nya lebih mahal pada terminal 1 dan 2. Sehingga tiket Garuda sendiri baik domestik maupun internasional kalah bersaing karena harga tiketnya lebih mahal,” ujarnya di Ruang Rapat Komisi VI, Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (30/8).

Rieke menjelaskan, perbedaan pajak yang dikenakan kepada maskapai memiliki besaran yang berbeda. Maskapai yang berada di Terminal 1, setiap tikep pesawatnya akan dikenakan pajak Rp 50 ribu. Terminal 2 akan dikenakan sebesar Rp 100 ribu dan Terminal 3 akan dikenakan Rp 200 ribu.

“Kita memahami ada persoalan cukup pelik disampingnya ada indikasi penyalahgunaan wewenang pembelian pesawat. Bahwa Garuda ini dipaksa untuk menggunakan terminal 3. Kami mohon dukungan agar disamakan lah,” pungkasnya.

Sumber : jawapos.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: