Sri Mulyani Minta BUMN Tak Cuma Setor Duit ke Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) tidak hanya menyetor dividen dan pajak kepada negara. Ada hal lain yang dianggap lebih penting dari sekedar duit.

“BUMN tidak hanya membayar dividen dan pajak tapi juga harus menjalankan visi misi pembangunan,” ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Seperti diketahui, BUMN merupakan agen pembangunan sehingga partisipasinya dibutuhkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Belakangan, banyak BUMN mulai saling bersinergi untuk membantu pembangunan terutama di Papua.

Salah satu contoh yakni sinergi 4 BUMN untuk menurunkan harga semen di Puncak Jaya yakni PT Semen Tonasa, PT Pelindo IV, PT PPI, dan PT POS Indonesia.

Dari segi setoran dividen, Sri Mulyani membeberkan angka-angkanya mulai Rp 34 triliun pada 2013, Rp 40 triliun pada 2014, Rp 37 triliun pada 2015 dan Rp 36 triliun 2016.

Adapun semester I-2017, setoran dividen BUMN mencapai Rp 32 triliun. Sementara itu dari sisi setoran pajak, jumlahnya lebih besar.

Pada 2014 pajak yang disetor BUMN Rp 160 triliun, Rp 171 triliun pada 2015 dan Rp 167 pada 2016. Adapun semester I-2017 pajak yang sudah disetorkan BUMN Rp 97 triliun.

“Memang ada BUMN yang belum mampu membayar dividen karena mereka masih menghadapi masalah keuangan yang tidak baik yaitu kerugian,” kata Sri Mulyani.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: