Mobil Listrik Masih Dianggap Mewah, Menhub Bakal Lobi Sri Mulyani soal Pajak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mematok target produksi mobil listrik di Indonesia sebesar 20% dibandingkan produksi mobil nasional. Target ini dipatok tercapai pada tahun 2025.

Hanya saja, hingga saat ini masih terdapat beberapa kendala dalam pengembangan mobil listrik. Salah satunya adalah pada sektor perpajakan.

“Tentang mobil listrik memang masih tidak sesuai. Selama ini anggapannya masih mobil mewah. Padahal, di sisi lain, banyak manfaatnya,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Untuk itu, Menteri Perhubungan akan segera menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani. Budi Karya pun berharap pajak untuk mobil listrik dapat kembali ditinjau ulang oleh pihak Kementerian Keuangan.

“Saya akan diskusikan kepada menteri keuangan agar pajak mobil listrik ini harus ditinjau. Bahkan kalau di beberapa negara, mobil listrik itu dapat semacam bonus sehingga lebih murah. Itu yang sedang kita bahas,” ujarnya.

Seperti diketahui, untuk mendorong produksi mobil listrik di dalam negeri, pemerintah berencana untuk menurunkan bea masuk. Sebab, saat ini total bea masuk untuk kendaraan utuh atau built up masih cukup tinggi, yaitu sebesar 50%.

Nantinya, bea masuk ini akan diturunkan hingga mencapai 5%. Hanya saja, bea masuk ini berlaku bagi perusahaan yang ingin memproduksi mobil listrik di dalam negeri.

Pemerintah sendiri telah siap secara teknologi dalam pengembangan mobil listrik ini. Nantinya, uji coba akan dilakukan sebelum masuk ke sektor industri.

Uji coba akan dilakukan pada akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018. Pada tahun 2020, investasi akan dibutuhkan oleh pemerintah untuk mengembangkan mobil listrik. Namun, hingga saat ini pemerintah belum memiliki investor yang tertarik dengan mobil listrik ini.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: