Banyak Pengusaha Belum Manfaatkan Fasilitas Bea Cukai

Pemerintah memberikan kemudahan dan fasilitas dalam hal bea cukai dan kepelabuhanan. Namun sayangnya masih banyak pengusaha yang belum memanfaatkannya padahal sangat menguntungkan.

“Tampaknya harus terus disosialisasikan bahwa fasilitas yang disiapkan negara yang ada di bea cukai begitu banyak, sayang kalau tidak dimanfaatkan oleh pengusaha. Misalnya, ada fasilitas untuk memasukkan barang impor tanpa harus bayar. Mungkin pengusaha banyak yang belum tahu,” kata Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Kalimantan bagian Barat, Azhar Rasyidi, Jumat (29/9).

Pemerintah melalui Bea Cukai telah menggulirkan beberapa kebijakan berupa penyediaan fasilitas, seperti kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) dan pusat logistik berikat (PLB). Kebijakan itu untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha berorientasi ekspor.
Manfaat KITE yaitu fasilitas pembebasan bea masuk dan PPN impor tidak dipungut atas impor bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor.

Fasilitas lainnya pengembalian bea masuk atas impor bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor. Bea masuk tersebut termasuk bea masuk tambahan seperti bea masuk anti dumping, bea masuk pembalasan, bea masuk safeguard, dan bea masuk imbalan.

Bea Cukai juga menggandeng Indonesia Eximbank selaku lembaga penerbit penjaminan fasilitas-fasilitas yang diberikan Bea Cukai untuk memaksimalkan upaya peningkatan ekspor dalam negeri. Kebijakan-kebijakan itu untuk memperkuat daya saing pengusaha dalam negeri.

“Banyak fasilitas tidak dimanfaatkan, padahal ini bisa membantu menekan modal. Sayang lagi kalau alasan tidak dimanfaatkan itu karena tidak tahu. Kalau sudah tahu tapi tidak mau memanfaatkan maka berarti salah sendiri. Di Kotawaringin Timur ini banyak perusahaan besar, khususnya perkebunan kelapa sawit. Mereka harus paham soal ini,” kata Azhar.

Sumber : republika.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: