Tepis Dugaan Daya Beli Turun, Jokowi: Jasa Kurir Barang Naik 130%

https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 03 320 1788085 tepis-dugaan-daya-beli-turun-jokowi-jasa-kurir-barang-naik-130-Nss23mMMFr.jpg

Presiden Jokowi membuktikan bahwa daya beli tidak menurun. Menurut dia, yang terjadi adalah pergeseran penjualan dari offline ke online.

“Saya beri angka, ini coba saya ambil dari offline ke online. Kalau ada toko tutup karena ini, salahnya sendiri tidak ikuti zaman,” tegasnya dalam penutupan Rakornas Kadin 2017 di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Jokowi mengatakan, industri jasa kurir terjadi kenaikan 130% hingga September 2017. Ini angka yang diperoleh dari data JNE, Kantor Pos dan jasa kurir lainnya.

“Saya kan orang lapangan dan jangan ada yang bantah,”tuturnya.

Kemudian, terjadi kenaikan penerimaan negara melalui PPN sebesar 12,14%. Artinya, ada aktivitas di mana masih ada kepercayaan terhadap perekonomian Indonesia.

“Ini angka rill. Kalau tidak ada kegiatan ekonomi maka tidak akan menghasilkan nilai tambah tidak mungkin muncul kenaikan PPN. Jelas ada kegiatan ekonomi hasilkan nilai tambah,”tutur nya.

Jika tidak percaya juga, perekonomian masih membaik bisa dilihat dari penerimaan pajak dari sektor industri naik 16,6% dibandingkan tahun lalu, pertambangan ekspor merangkak naik 30,1% dan pertanian naik 23%.

“Ini angka saya peroleh,kalau ada yang ngotot silahkan maju (ke panggung). Gampang sekarang, silakan maju silakan bicara. Atau nanti pas ketemu. Masa angka saya tidak percaya. Angka ini kalau tidak disampaikan isunya hanya daya beli turun, daya beli turun, saya lihat kalau orang politk yang menyampaikan ini tidak apa-apa. Kalau orang politik itu kok, itu kan buat isu buat 2019,”ujarnya.

Menurut dia, pergeseran offline ke online terlihat dari sewa gudang yang meningkat 14,7%. Jika dikatakan banyak toko tutup hal tersebut benar. Tapi di negara seperti China toko tutup juga banyak hampir 30%.

“Jadi kalau hitung online gede-gede seperti Bukalapak, Blibli, tidak muncul. Online lewat Instagram juga sekarang dipakai jualan, pribadi jualan dengan Facebook pasang gambar jualan. ini angka tidak bisa dilacak. Tapi lacaknya jasa kurir yang meningkat,”tandasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: