Pemerintah kesulitan mengejar target RPJMN

Pemerintah kesulitan mengejar target RPJMN

Pemerintah mengakui, belum semua target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019 tidak mudah dicapai. Menurut catatan Bappenas bahkan bakal ada target yang sulit dicapai.

Bambang S Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas mengatakan, hitungan Bappenas ada 11%- 12% target RPJMN 2014-2019 yang berapor merah atau sulit dicapai. Salah satu target, pertumbuhan ekonomi.

Dalam RPJMN, pemerintah mematok pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh 8,0% pada tahun 2019 mendatang. Tapi, sampai dengan tiga tahun usia pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pertumbuhan ekonomi masih belum mampu beringsut dari kisaran 5%.

“Karena pertumbuhan ekonomi tidak bisa diproyeksi tanpa melihat ekonomi global dan sekarang kondisinya memang berat,” katanya Senin (13/11).

Selain pertumbuhan ekonomi, beberapa target juga masih memerlukan upaya keras. Untuk kemiskinan, pemerintah masih punya pekerjaan rumah / PR besar. Target mereka, 2019 mendatang angka kemiskinan bisa di kisaran 7%- 8%.

Tapi, sampai dengan Maret 2017, angka kemiskinan masih nangkring di 10,64%. Bambang mengatakan, mengatasi permasalahan kemiskinan saat ini memang bukan pekerjaan mudah.

Pasalnya, masyarakat yang harus dientaskan kemiskinannya sekarang ini merupakan masyarakat yang kemiskinannya sudah cukup ekstrem. “Ini memang berat,” katanya.

Walaupun masih dibayangi bayang- bayang kegagalan, Bambang mengatakan, secara umum pelaksanaan target RPJMN bagus. Separuh atau 50% target seperti pembangunan infrastruktur salah satunya berapor hijau. Sementara itu, 17% lainnya memerlukan kerja keras agar bisa tercapai.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: