Kontribusi Capai Rp224 Triliun, Menperin Usulkan Beri Keringanan Pajak 200% bagi Industri Pengolahan

https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 27 320 1821146 kontribusi-capai-rp224-triliun-menperin-usulkan-beri-keringanan-pajak-200-bagi-industri-pengolahan-GILcyY2qcS.jpg

Kinerja industri nasional hingga triwulan III 2017 menunjukkan perkembangan cukup baik. Seperti kontribusi industri pengolahan terhadap PDB perekonomian mencapai 19,19% dengan kontribusi pajak dari sektor industri tersebut mencapai Rp224,9 triliun.

Peran sektor industri saat ini semakin strategis. Kementerian Perindustrian mencatat penyerapan tenaga kerja hingga Agustus 2017 mencapai 17,01 juta orang atau sekitar 14,05% dari total tenaga kerja di Indonesia.

Atas capaian tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berencana memberikan keringanan pajak utamanya pada industri pengolahan. Tujuannya supaya industri tersebut bisa terus berkembang dan capaian saat ini bisa meningkat.

“Besarnya pajak yang disumbangkan (Rp224 triliun) oleh industri pengolahan. Saya mengusulkan suatu skema insentif baru untuk industri pengolahan yaitu tax rebate atautax deduction senilai 200% untuk belanja yang terkait pelatihan dan pendidikan vokasional.Serta senilai 300% untuk belanja yang terkait R&D di perusahaan tersebut,” ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (27/11/2017).

 Dia mengatakan, kebijakan seperti ini sudah dilakukan oleh Thailand. Investasi di sana lebih agresif dengan Investment allowance 200%. Misalnya, investasi yang ingin mengembangkan R&D senilai Rp5 miliar maka fasilitas yang diberikan kepada investor yakni keringanan pajak senilai Rp1 miliar.

“Saya sudah laporan ini ke Presiden dan Menteri Keuangan. Ini adalah cara mempercepat proses tersebut,”ujarnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: