Sri Mulyani: Indonesia Bisa Diuntungkan dengan Kondisi Ekonomi Dunia

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri MulyaniIndrawati menyatakan optimismenya pada kondisi pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2018 mendatang. Diproyeksikan, pertumbuhan ekonomi dunia mencapai 3,6 persen.

Salah satu motor pertumbuhan ekonomi global adalah peningkatan volume perdagangan dunia dan harga komoditas yang menunjukkan perbaikan. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Indonesia.

“Volume dan transaksi perdagangan antarnegara mulai pulih,” kata Sri pada acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Sri pun menjelaskan, pada tahun depan, volume perdagangan dunia bisa meningkat hingga dua kali lipat. Indonesia bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut serta dalam menggenjot perdagangan dunia melalui ekspor.

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia pun dapat terakselerasi. Pada tahun 2018, pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan mencapai kisaran 5,1 hingga 5,5 persen.

“Kita sebagai negara ekonomi yang cukup mengandalkan mesin pertumbuhan ekonomi ekspor akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pertumbuhan, didorong mesin pertumbuhan ekspor,” jelas mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) pun menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi global meningkat secara gradual. Ini akan diikuti oleh pertumbuhan harga komoditas dengan pola yang serupa.

“Kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan meningkat secara gradual pada tahun-tahun mendatang,” kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: