Amnesty Belum Manfaatkan Bebas Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat mencatat ada sekitar 980 wajib pajak (wp) pengikut amnesty belum memanfaatkan pembebasan Pajak Penghasilan (Pph) pengalihan hak atas tanah dan atau bangunan. Padahal sisa waktu memasukan surat pemohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) Pph tersisa tiga hari.

Pelaksana Harian kantor Wilayah DJP II Ade Lili memperkirakan Desember 2017 nanti, jumlah pemohon SKB Pph akan membludak. Sebab, ada sebanyak 151 ribu wajib pajak yang berpotensi memanfaatkan pembebasan Pph tersebut. Meski membludak, Ade mengaku, pihaknya sudah menyusun berbagai upaya. Salah satunya, kata dia, berkas para pemohon akan dipecah ke kantor pertanahan dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi.

“Masih ada sekitar 982 wajib pajak (wp) yang belum memasukan SKB Pph. Karena sampai sekarang baru 272 orang dari 1256 wajib pajak yang melakukan permohonan SKB,” kata Ade.

Belakangan ini DJP telah mengeluarkan regulasi baru yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 165 tahun 2017. Aturan itu menjelaskan tentang perubahan kedia atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 118/PMK.03/2016 tentang pelaksanaan UU No 11 tahun 2016 tentang pengampunan pajak. “Aturan ini memberi pilihan bagi wp untuk mengakulam balik nama tanah atau bangunan ke BPN. Caranya dengan melegalisasi surat keterangan Amnesti Pajak (Sket),” kata Ade.

Kepala Seksi Hubungan Masyatakay Kanwil DJP Jawa Barat II, Dedi Suartono mengatakan, tidak ada aturan yang bisa memberikan sanksi kepada wajib pajak yang mengajukan melebihi waktu yang ditentukan. Hanya saja, kepemilikan harta seperti tanah dan bangunan masih menggunakan nama yang lama. “Tidak ada sanksi. Akan tetapi untuk balik nama tetap dikenakan biaya 2.5 persen,” ujarnya.

Dia menambahkan, sejauh ini proses pemberkasan membutuhkan waktu selama lima hari. Dedi mengatakan, atas tindakan itu sebagai bukti tindak lanjut setelah surat balik nama tetap didelegasikan ke BPN.

Sumber : indopos.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: