Penerimaan Pajak, Tantangan Terberat 2018

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan tantangan terbesar dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun depan yakni ada pada sisi penerimaan pajak.

Hal tersebut dia katakan dalam CEO Forum 2017. Ani mengatakan, kondisi penerimaan pajak bisa dilihat dari tax ratio yang saat ini masih di level 10,3 persen.

Tax ratio kita termasuk yang terendah di dunia, bahkan berbagai macam upaya yang dilakukan enggak menutup tax ratio untuk tumbuh lebih besar,” kata Ani di Hotel RAffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 29 November 2017.

Salah satu upaya yang dinilai pemerintah akan membuahkan hasil besar yakni dengan menerapkan kebijakan tax amnesty pada sembilan bulan lalu, Juli 2016-Maret 2017.

Ani mengatakan, memang dengan adanya tax amnesty mampu menambah basis pajak (tax based) serta meningkatkan tingkat kepatuhan, terlihat dari pertumbuhan penerimaan pada pajak pertambahan nilai (PPN), serta pajak penghasilan (PPh) baik orang pribadi maupun badan, yang terlapor dalam surat pemberitahuan (SPT) pajak tahunan.

Kendati demikian, lanjut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, hal tersebut belum mampu membuat tax ratio naik ke level yang lebih tinggi dari saat ini. Menurut Ani, karena belum seluruh wajib pajak yang selama ini tidak patuh ikut tax amnesty.

“Saya yakin masih banyak yang belum ikut, karena yang ikut kurang dari satu juta wajib pajak,” jelas dia.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: