Bantah Daya Beli Melemah, Jokowi: Penerimaan PPN Saja Tumbuh

Bantah Daya Beli Melemah, Jokowi: Penerimaan PPN Saja Tumbuh

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan tidak ada pelemahan daya beli dan konsumsi di Indonesia. Menurut dia, transaksi jual-beli tetap tumbuh.

Jokowi mendasarkan penyataannya itu pada data penerimaan pajak pertambahan nilai (PPN), yang tahun ini tumbuh tinggi. Penerimaan PPN tercatat mencapai 12,1 persen. Padahal penerimaan PPN pada periode yang sama tahun lalu hanya 2,9 persen. “Kalau penerimaan PPN saja tumbuh, artinya ada transaksi, ada jual-beli di situ,” katanya di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa, 28 November 2017.

Dia mengatakan fenomena yang terjadi saat ini hanyalah perubahan perilaku konsumsi. Masyarakat lebih gemar mengkonsumsi leisure, seperti pariwisata, dibandingkan non-leisure, seperti pakaian. Perubahan pola konsumsi juga dipicu munculnya mode bisnis baru, yaitu e-commerce.

Jokowi menuturkan perubahan ini harus diterima dan dijadikan sebagai momentum untuk mempertimbangkan kebijakan ke depan. Pemerintah harus berupaya mengakomodasi perubahan yang bergerak sangat cepat tersebut.

Terlebih, kata Jokowi, perubahan ini juga dialami negara lain. Situasi ekonomi dunia tengah mengalami perubahan. Salah satu cirinya adalah pertumbuhan ekonomi dunia yang sempat mencapai 5 persen beberapa tahun lalu, tapi sekarang hanya di kisaran 3 persen.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: