JADI DIRJEN PAJAK, ROBERT PAKPAHAN HARUS ‘PUTAR OTAK’ AGAR TARGET TERCAPAI

Robert Pakpahan resmi menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak yang baru setelah dilantik langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Robert menggantikan dirjen pajak sebelumnya yakni Ken Dwijugiasteadi yang menyelesaikan masa baktinya di usia 60 tahun.

Pengamat Perpajakan dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Roni Bako menyatakan, ada pekerjaan rumah yang sulit yang harus dikerjakan oleh Robert. Pasalnya dalam 1 bulan Robert harus mengejar capaian penerimaan pajak 2017 sebesar Rp1.283,6 triliun. Hingga akhir November penerimaan pajak sendiri sudah mencapai 78%.

Menurut Roni pencapaian 100% adalah hal yang tak mungkin dapat dikerjakan Robert dalam 1 bulan ke depan.

“Kalau PR Pak Robert sekarang bagaimana mengejar target itu (pajak) dalam 1 bulan ini, dan itu kayaknya dia enggak bisa apa-apa, karenakan dia tinggal melanjutkan,” ujarnya kepada Okezone.

Dia menyatakan pencapaian Rp1.283,6 triliun merupakan target yang terlalu tinggi. Menurutnya untuk sampai Rp.1000 triliun saja sangat sulit, berbeda pada tahun sebelumnya yang mampu tembus Rp1.105 triliun dikarenakan adanya kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty.

“Tahun lalu juga ada (Rp 1.105 triliun) itu karena ada tax amnesty, kalau sekarang kan enggak ada kayaknya untuk sama pun agak susah apalagi mencapai target,” tukasnya.

Dia mengatakan yang dapat dikerjakan Robert adalah mengejar target penerimaan pajak di tahun selanjutnya. Menurutnya ini juga bukan hal yang mudah mengingat kondisi perekonomian nasional masih tumbuh lambat terlebih semakin mendekatinya tahun politik 2019.

“Sulit juga karena kondisi perekonomian,apalagi tahun depan kan itu persiapan tahun politik, jadi sekarang bagaimana tinggal memudahkan wajib pajak untuk taat bayar pajak,” jelasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: