Teori dengan Praktik Beda, Kadin Ingin Ramu Kebijakan yang Pas

https: img.okeinfo.net content 2017 12 04 320 1825074 teori-dengan-praktik-beda-kadin-ingin-ramu-kebijakan-yang-pas-8iditHp4ES.jpg

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengapresiasi pemerintah yang sudah menjalin komunikasi dan menerima masukkan dunia usaha. Namun, untuk mengembangkan dunia usaha di 2018, diperlukan kebijakan pemerintah yang perlu disempurnakan.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani menyatakan, pemerintah telah memberi respon yang baik dengan segera memberikan kebijakan-kebijakan melalui masukkan dunia usaha. Kendati demikian, menurutnya masih perlu adanya penyempurnaan kebijakan.

“Kita juga melihat kebijakan-kebijakan termasuk undang-undang apa yang perlu diamandemen, direvisi. Kita dari dunia usaha selalu melihat kebijakan pemerintah itu baik, tapi ketika di implementasi di lapangan, ternyata perlu disempurnakan lagi,” ungkapnya di Hotel Royal Kuningan, Senin (4/12/2017).

Dia menyebutkan, salah satu kebijakan yang perlu disempurnakan adalah terkait penetapan harga listrik bagi industri, juga kebijakan mengenai kenaikan Upah Minimum Pekerja (UMP).

“Misalnya kebijakan menurunkan harga listrik pada saat pemakaian listrik rendah untuk industri. Itu kan kebijakan yang baik. Kemudian kebijakan formula untuk kenaikan UMP kan sudah ada, itu menurut kami kebijakan yang baik,” katanya.

“Implementasi di lapangannya sebagian besar berjalan baik tapi masih ada beberapa daerah yang menaikkan di atas itu padahal kan sudah ada formulanya,” tambah dia.

Menurutnya, kenaikan UMP di beberapa daerah yang tidak sesuai dengan formula yang ditetapkan pemerintah menjadi tantangan tersendiri bagi Kadin.

“Formulasinya yakni sesuai pertumbuhan PDB/Produk Domestik Bruto dan inflasi. Kita kan para pengusaha menggunakan asumsi itu, untuk kenaikan tenaga kerja, ternyata karena di luar lebih, berarti kita harus adjust (sesuasikan) lagi,” ungkapnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: