Akhir Tahun, Kantor Pajak Buka Layanan Hingga Sore

Akhir Tahun, Kantor Pajak Buka Layanan Hingga Sore

Memasuki penghujung tahun 2017, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak membuka layanan pajak di akhir pekan. Layanan pajak di hari ini akan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

“Jadi sinkron dengan perbankan yang tanggal 30 Desember 2017 besok melayani pembayaran pajak sampai dengan pukul 15.00 waktu setempat, maka KPP juga buka sampai pukul 15.00 untuk pelayanan pelaporan SPT dan pelayanan lainnya,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (Humas) Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (30/12/2017).

Hestu mengatakan, pembukaan layanan hingga sore hari ini dilakukan di seluruh kantor pajak di Indonesia. Hal ini, bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi wajib pajak (WP) untuk bisa membayar pajaknya di tahun 2017.

“Karena akhir tahun 2017 itu jatuh pada hari Sabtu dan Minggu, kita berikan kesempatan kepada WP yg baru bisa bayar dan lapor di saat-saat terakhir. Jadi ini suatu bentuk pelayanan kepada masyarakat saja,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembukaan layanan pajak dari pagi hingga sore di akhir tahun ini dapat mempengaruhi target penerimaan pajak tahun 2017. Kendati begitu, Hestu tak merinci berapa besar pengaruhnya terhadap penerimaan.

Hestu hanya mengatakan, biasanya pembayaran pajak di akhir tahun lebih tinggi dibanding bulan-bulan biasanya. Khususnya untuk laporan pajak pertambahan nilai (PPN).

“Pasti ada (pengaruh ke penerimaan), sebesar atau sekecil apapun, tapi ini lebih kepada pelayanan yang baik kepada masyarakat. Jangan sampai karena tidak terlayani, mereka kena denda karena terlambat setor/lapor pajak,” kata Hestu.

Sebelumnya, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan jumlah penerimaan negara secara keseluruhan per 15 Desember 2017 tercatat mencapai Rp 1.496,9 triliun. Ini akan terus bertambah, untuk itu Sri Mulyani meminta bank tetap membuka layanan hingga 30 Desember 2017.

“APBN nanti akan ditutup pada akhir tahun, kami masih punya waktu meskipun tersisa 10 hari lagi dan hari kerja 8 hari. Kami juga sudah minta perbankan untuk buka sampai tanggal 30 Desember hingga jam 3 sore,” kata Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: