Penerimaan Pajak Hiburan DKI Tempati Posisi Terendah Tahun 2017

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat memberikan sambutan di acara Tasyakuran Pencapaian Target Penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah Tahun 2017. Acara ini digelar di Gedung Dinas Teknis Abdul Muis lantai 2, Jalan Abdul Muis No.66 Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Tahun 2017 penerimaan pajak DKI melebihi target yang ditetapkan. Meski demikian, ada beberapa sektor yang pendapatan pajaknya masih rendah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut beberapa sektor yang belum mencapai target yang ditetapkan di tahun sebelumnya, salah satunya Pajak Air dan Tanah (PAT) yang penerimaan pajaknya baru mencapai 96,68 persen dari target yang ditentukan.

“Yang paling rendah itu 94,38 persen (dari target), itu pajak hiburan,” ujar Anies usai mengikuti acara Tasyukuran Pencapaian Target Penerimaan Pajak DKI di Gedung Teknis, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Dari data penerimaan pajak yang diterima Kompas.com, sektor-sektor lain yang belum memenuhi target pajak adalah pajak hotel yang baru mencapai 99,09 persen dari target, pajak parkir yang baru mencapai 97,12 persen, dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang baru mencapai 95,08 persen.

Meski demikian, Anies melanjutkan, hal itu tak berpengaruh signifikan terhadap jumlah akumulasi penerimaan pajak di DKI. Menurutnya ada sektor-sektor lain yang mendapatkan penerimaan pajak yang tinggi sehingga membuat target penerimaan pajak tahun lalu tercapai.

“Kalo kita lihat di sini itu hampir semua aspek tercapai targetnya. Kalo dilihat paling tinggi (penerimaan pajak) dari BPHTP (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) itu 121,11 persen dibandingkan targetnya. Lalu yang kedua pajak reklame, itu 106 persen (dalam data 107,19 persen). Jadi dari ini saja kita sudah saksikan peningkatan signifikan,” paparnya.

Ia mengatakan, pencapaian BPRD tahun 2017 akan menjadi pedoman untuk menyusun target penerimaan pajak tahun 2018.

“Kita pastikan targetnya tinggi dan BPRD bisa tetap berprestasi seperti tahun ini,” sebutnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar acara Tasyakuran Pencapaian Target Penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah Tahun 2017, Selasa. Acara ini digelar di Gedung Dinas Teknis Abdul Muis lantai 2, Jalan Abdul Muis No.66 Gambir, Jakarta Pusat.

Ketua Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemprov (BPRDP) DKI, Edi Sumantri mengatakan, acara tasyukuran ini sengaja digelar mengingat tahun ini pertama kalinya Pemprov DKI mendapatkan penerimaan pajak yang memenuhi target setelah bertahun-tahun tak mencapai target.

“Sejak 2013, baru tahun ini target pajak DKI tercapai,” ujar Edi di Gedung Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: