Mentan: Jaga Pasokan Beras di Masa Panen

Awal tahun 2018, Kementerian Pertanian (Kemtan) bergegas menjaga konsistensi produksi pangan khususnya beras. Hal ini mengingat Januari sudah memasuki masa panen hingga puncaknya nanti Maret.

Mentan Amran Sulaiman saat melaksanakan panen raya di Karawang menuturkan, saat ini beberapa wilayah yang biasa menjadi andalan lumbung padi nasional seperti di Pulau Jawa, Sumatera, Sulsel terus digenjot produksinya.

Di wilayah Karawang, Jawa Barat diperkirakan Januari panen sekitar 10 ribu hektare dengan luas areal keseluruhan 96 ribu hektare, dan setiap hari selalu ada panen. Estimasinya setiap tahun mampu menghasilkan 1,3 juta ton gabah kering panen (GKP) dengan surplus 500 ribu ton GKP.

“Paradigma baru sekarang, paradigma baru di pertanian adalah tiada hari tanpa tanam, tiada hari tanpa panen”, ungkap Amran dalam keterangan persnya, Rabu (3/1).

Kata dia, ada beberapa pihak yang menyangsikan adanya panen di musim paceklik November-Januari. Tetapi faktanya, lanjut Amran, di hampir seluruh Indonesia di hampir seratus titik sedang panen saat ini.

“Di Jawa Barat itu ada 100 ribu hektare. Panen di Januari dan tiga minggu lagi masuk panen puncak. Stok kita aman, 1 juta ton di bulan Januari. Ini tidak masalah karena panen Januari 1 juta hektare, masuk Februari 1,7 juta hektare, Maret 2,1 juta hektare. Justru yang kita siapkan pengadaan untuk panen puncak besar-besaran”, jelasnya.

Sementara, , Penanggung Jawab UPSUS yang juga Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Banun Harpini menjelaskan, di wilayah Jawa Barat sendiri produksi padinya ditingkatkan dengan skema meningkatkan produktivitas melalui pengembangan bibit unggul yang juga tahan wereng.

“Kami menggunakan varietas baru unggul, produktivitas tinggi dan tahan wereng, yaitu Inpari 33. Sudah di coba di Majalengka, di Subang, masing-masing 500 hektare sudah 3 kali tanam aman terhadap wereng dan produktivitasnya di atas 8 ton per hektare”, pungkas Banun.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: