Pemerintah Lelang Wilayah Kerja Migas Besar-Besaran Bulan Ini

Pemerintah Lelang Wilayah Kerja Migas Besar-Besaran Bulan Ini

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang wilayah kerja migas secara besar-besaran pada Januari ini.  Hal itu dikatakan Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar sebab jumlah wilayah kerja migas yang akan dilelang mencapai lebih dari 20.

Wilayah kerja migas yang akan dilelang merupakan wilayah kerja yang selama 2015 hingga 2017 tidak laku dan wilayah kerja migas yang akan berakhir masa kontraknya.

“Secepatnya, saya mau bulan ini existing, yang lama, yang belum laku itu dilelang,” kata Arcandra di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 3 Januari 2018.

Ia menjelaskan, seluruh wilayah kerja yang akan dilelangkan nanti merupakan wilayah kerja migas konvensional yang akan dilelangkan melalui penawaran langsung dan lelang reguler.

Saat ini, tim lelang tengah mengevaluasi data-data kelengkapan wilayah kerja itu. Semua wilayah kerja yang akan dilelangkan akan menggunakan skema kontrak PSC gross split.

“Tahun ini lebih banyak (wilayah kerja yang dilelang). Sedang dievaluasi minggu depan sedang dievaluaasi yang akan kita lelang berdasarkan kelengkapan data-data dengan Gross Split semua,” ujar dia.

Ia juga menyinggung mengenai dua wilayah kerja yang akan berakhir masa kontraknya di tahun ini adalah Attaka dan East Kalimantan. Keduanya akan dilelang bersamaan pada lelang bulan ini.

“Iya (Attaka dan East Kalimantan) dilelang,” imbuh dia.

Seperti diketahui, selama sepuluh tahun terakhir lelang wilayah kerja migas terbanyak terjadi di tahun 2008. Saat itu pemerintah melelang 56 wilayah kerja migas dan laku 38.

Tahun berikutnya jumlah wilayah kerja yang dilelangkan dan wilayah kerja yang laki semakin menyusut. Pada 2013 pemerintah melelang 18 wilayah kerja hanya laku lima. Lalu pada 2014 melelang 13 wilayah kerja hanya laku delapan.

Kemudian, pada 2015 dan 2016 wilayah kerja yang dilelang pemerintah tidak ada yang laku. Saat 2015 pemerintah melelang delapan wilayah kerja dan 2016 pemerintah melelang 14 wilayah kerja.

Sementara di 2017 dari 10 wilayah kerja migas konvensional yang ditawarkan lima wilayah yang laku.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: