“Pertumbuhan Bukan Satu-satunya Faktor Ekonomi yang Perlu Diperhatikan”

Head of Intermediary PT Schroders Investment Management Indonesia Teddy Oetomo menilai ada banyak faktor yang menyebabkan tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia belum bisa cepat seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo sebelumnya.

Padahal, semua indikator menunjukkan perbaikan dan peningkatan tetapi itu semua belum tercermin dalam angka pertumbuhan ekonomi yang sesuai ekspetasi.

“Pertumbuhan itu bukan satu-satunya faktor ekonomi yang perlu diperhatikan, kualitas dari pertumbuhan jauh lebih penting,” kata Teddy saat ditemui di gedung World Trade Center (WTC), Rabu (10/1/2018).

Pada rapat terbatas yang diadakan pada Jumat (5/1/2018), Jokowi menyampaikan kepada menterinya untuk mencari tahu penyebab pertumbuhan ekonomi Indonesia belum bisa tinggi.

Dia turut mengumpamakan kondisi ekonomi Indonesia seperti tubuh manusia, di mana tidak ada sakit, kadar kolestrol baik, jantung dan paru-paru juga baik, tetapi tidak bisa berlari kencang.

Menurut Teddy, ada banyak faktor yang bisa memicu kondisi tersebut. Dia sekaligus menjelaskan mengenai tingkat pertumbuhan ekonomi yang seperti laju kereta, ketika kecepatan sedang tinggi tidak bisa langsung turun secara drastis, begitupun saat masih pelan mau dipercepat, maka butuh waktu.

Kemudian mengenai pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan baru-baru ini dinilai belum bisa memperlihatkan dampak dalam waktu dekat. Terlebih, proyek infrastruktur yang sifatnya strategis masih dikerjakan sehingga belum bisa memberi efek pada pertumbuhan ekonomi secara langsung.

Faktor berikutnya adalah kolaborasi swasta dengan pemerintah. Teddy melihat, saat ini poin tersebut sudah pada jalur yang benar, namun belum terlihat hasilnya sehingga masih butuh waktu hingga kebijakan itu berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

“Lebih penting sekarang bagaimana untuk sustain, stabil. (Pertumbuhan ekonomi) pelan-pelan saja enggak apa-apa,” tutur Teddy.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: